Berita

Wisuda Periode I Tahun 2024. Dr Andi Lukman: UNCP Semakin Luar Biasa, Pantas Menjadi Kampus Terbaik

PALOPO - Universitas Cokroaminoto Palopo semakin memantapkan diri menjadi salah satu kampus terbaik di bawah naungan LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, dengan menorehkan banyak prestasi.

wis-lldikjti

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Dr Drs Andi Lukman saat menghadiri wisuda sarjana dan magister Angkatan I Tahun 2024 yang dirangkaikan Dies Natalis Ke-57 di Gedung Sinar. Setuju, Kelurahan Takkalala,Kec. Wara Selatan, Senin 4 Maret 2024.

Andi Lukman menyebutkan apa yang dicapai Universitas Cokroaminoto Palopo menjadi gambaran yang nyata betapa luar biasanya perkembangan yang dicapai hingga saat ini. Terbuktidengan semakin dewasa juga semakin unggul. Banyak prestasi mulai dari kampus hingga alumninya, utamanya dalam penerapan Merdeka Belajar.

"Apa yang dilakukan Rektor UNCP bersama jajarannya ini adalah langkah yang baik untuk kemajuan perguruan tinggi menjadi hebat, untuk itu saya sangat memberi apresiasi tinggi," ucap Dr Drs Andi Lukman saat memberikan arahan.

Ini adalah bukti persepsi, sinergitas, dan kebersamaan antara pengelola dan yayasan semakin kompak. Pada kesempatan itu juga Kepala LLDIKTI mengharapkan terus dilakukan peningkatan SDM, agar semakin baik hingga ke tingkat jenjang pendidikan doktor atau profesor.

wis-rektor

Sementara itu, Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo, Rahman Hairuddin SP M.Si dalam laporan akademiknya menjelaskan UNCP sampai saat ini tetap bisa eksis menjadi salah satu kampus terbaik di LLDIKTI Wilayah IX, tak lepas dari pondasi yang kuat yang ditanamkan pendiri UNCP almarhum Drs H Saruman.

Pada momen wisuda dan Dies Natalis, Rektor juga melaporkan saat ini UNCP membina 13 program studi, 1 program studi magister serta 1 program studi profesi yang kesemuanya telah terakreditasi Baik dan Baik Sekali.

Saat ini UNCP juga terus berbenah dengan meningkatkan SDM. Dimana UNCP memiliki dosen kualifikasi Doktor (S3) sebanyak 30 orang, 4 diantaranya jabatan fungsional Guru Besar (Profesor), Magister 121 orang, dan sementara menempuh pendidikan Doktor 10 orang.

Adapun rincian yang diwisuda kali ini sebanyak 139 orang dengan rincian 2 orang Magister Pendidikan, 33 Sarjana Pendidikan, 26 Sarjana Pertanian, 1 Sarjana Sains, dan 77 Sarjana Komputer. Wisuda dirangkaikan dengan orasi ilmiah yang dibawakan Prof Dr Dahlan Tahir dari Universitas Hasanuddin, Makassar.

wis-terbaik

Adapun mahasiswa terbaik fakultas diraih Baso Irawan S.Pd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Alviani S.P dari Fakultas Pertanian, Arfandi Darwis S.Kom dari Fakultas Teknik Komputer, dan Iis Nurmiani S.Si dari Fakultas Sains.

wis-7

Turut hadir di acara tersebut, Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin, Ketua Yayasan Cokroaminoto Palopo, H. Awaluddin Saruman, Ketua Pembina Yayasan Hj. Fatimah Saruman, Kepala LLDIKTI Wil. IX Sultanbatara Dr Andi Lukman M.Si, Asisten 2 Pemkot Palopo, Ilham Hamid Se M.Si, perwakilan Kejari Palopo, perbankan se-Kota Palopo.

Twitter