Fakultas Pertanian

 

Fakultas Pertanian (FAPERTA)

Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu dari 4 fakultas dilingkup Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).   FAPERTA membina dua program studi yakni Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi. Telah melahirkan alumni yang memiliki sumber daya manusia yang handal, kompeten dan terampil dalam memecahkan permasalahan yang komplek di bidang pertanian. Selain memiliki pengetahuan yang luas, mereka juga harus memiliki kemampuan memecahkan pemasalahan yang spesifik yang dicirikan oleh penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan manajemen/seni (IPTEKS). Pemahaman yang diperoleh dari proses belajar di perguruan tinggi tidak saja menyangkut aspek konsep dan teoritis, melainkan juga menyangkut aspek yang menunjang kemampuan dalam mengembangkan dan mengadaptasikan konsep dan teori tersebut dalam realitas kehidupan sesuai dengan perkembangan dan perubahan situasi dan kondisi di mana konsep dan teori tersebut diaplikasikan. Kebutuhan tersebut kini dipersiapkan pada Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Agribisnis. Telah mengembangkan dan menghasilkan berbagai produk antara lain berupa bibit kakao sambung pucuk, pembuatan pupuk organik, pertanian organik, pascapanen, agribisnis, penyuluhan dibidang pertanian dan pemanfaatan eksplant tanaman bawang merah sistem kultur jaringan serta karakterisasi tanaman serealia berbasis molekuler. Mahasiswa mampu melakukan persilangan tanaman, dengan menggabungkan karakter terbaik dari 2 tanaman yang berbeda. Melakukan pengembangan komoditi andalan Luwu Raya yakni Sagu, Kakao, Rumput Laut dan Kelapa Sawit melalui identifikasi fenotipe dan genotipe berbasis molekuler, pengolahan hasil pertanian dan menjadi pelaku usaha.

Berdasarkan SK Nomor. 095/D/O/2005 Tanggal 6 Juli 2005, Fakultas Pertanian UNCP terbentuk sejak Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Cokroaminoto Palopo bergabung dengan STKIP Cokroaminoto Palopo. Program studi yang dibina oleh STIPER dialihkan pembinaannya ke Faperta UNCP. Faperta membina dua program studi yaitu Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Agribisnis. Program studi ini mengalami perubahan nama berdasarkan SK. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 163/DIKTI/Kep./2007 Tanggal 29 November 2007 menjadi Progam Studi Agribisnis dan Agroteknologi. Semua Program Studi Agroteknologi terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

 Visi

Menghasilkan sumberdaya yang berkarakter dan kompeten dibidang pertanian serta mampu bersaing secara global pada tahun 2024.

 Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang professional dalam bidang pertanian sesuai kebutuhan stakeholder dan perkembangan IPTEKS
  2. Melaksanakan penelitian dan kewirausahaan dalam bidang pertanian
  3. Mengembangkan manajemen di bidang pertanian
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk membina kerjasama dalam penerapan IPTEKS dan hasil pertanian

 Tujuan

  1. Terwujudnya lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, bermoral dan memiliki etos kerja yang tinggi
  2. Terwujudnya karya ilmiah yang inovatif dan dapat diaplikasikan pada pengembangan pertanian
  3. Terwujudnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam penerapan IPTEKS di bidang pertanian
  4. Terjalinnya kerjasama dengan stakeholders dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS di bidang pertanian.

 Program Studi

  1. S1 Agribisnis
  2. S1 Agroteknologi

Laboratorium

  1. Laboratorium Kultur Jaringan
  2. Green House
  3. Kebun Percobaan
  4. Sawah Percontohan
  5. Inkubator Bisnis
Twitter