Rencana Induk Penelitian

Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Tahun 2014– 2018 disusun sebagai pedoman dan arahan dalam mengembangkan dan memberdayakan kegiatan penelitian dalam lingkungan UNCP. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan rencana, proses, dan hasil kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan budaya dalam kurun waktu lima tahun ke depan. RIP ini merupakan dokumenformal pelaksanaan penelitian   yang mengacu   pada Statuta dan Rencana StrategisUNCP.Ketentuan-ketentuan dan manajemen dalam RIP ini menjadi acuan tata kelola pelaksanaan penelitian dan pengalokasian anggaran penelitian.

Garis besar RIP UNCP meliputi teknologi pembelajaran (learning technology)dan ketahanan pangan(food safety), sains terapan (applied science),dan teknologi informasi(information technology).Pengembangan dan pemberdayaan pendidikan menjadi poin utama karena universitas ini dibangun dengan pondasi bidang kependidikan yang didukung garis besar atau bidang lainnya di atas. Fokusnya adalah pendidikan karakter melalui inovasi dan teknologi pembelajaran. Orientasinya di masa depan menjadi sumber belajar (resources centre) bagi pengembangan pendidikan karakter. Konsep yang dikembangkan diantaranya adalah sagu(sistem akselerasi guru unggul) dan lesson study.

Ketahanan pangan menjadi point pendukungnya sesuai dengan letak geografis dan potensi wilayah. Kota Palopo, Tana Luwu, Pulau Sulawesi merupakan wilayah yang kaya akan sumberdaya pangan. Hal   ini sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam Masterplan Pengembangan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) bahwa Pulau Sulawesi akan dikembangkan sebagai kawasan pertanian tanaman pangan, pertambangan, kehutanan, perikanan, dan perkebunan. Fokusnya penelitian untuk diarahkan pada empat komoditi unggulan yaitu kakao (cacao), kelapa sawit (crudepalm), rumput laut(seaweed), dan sagu (sago) yang akan dikembangkan mulai dari budidaya hingga produk pangan.

Paradigma penyusunan, pengembangan dan berkelanjutan RIP ini adalah menciptakan peneliti dan riset unggulan dalam bidang yang sesuai dengan potensi lokal sehingga dapat memberi sumbangan pemikiran   kepada ilmu pengetahuan, teknologi, sosial baik nasional maupun internasional. Kontribusi penelitian yang diharapkan adalah guna menjaga dan memelihara sumber daya alam, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

Semoga RIP UNCP 2014-2018 ini dapat memenuhi harapan semua pihak dan menjadi acuan dalam mendorong penelitian yang bermutu demi kemajuan dan kemakmuran bangsa.

Palopo, Desember 2013

Rektor,

 

Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.

 

 

 

 

 

Dokumen Rencana Induk Penelitian UNCP

Twitter