Fakultas Sains

 

 Fakultas Sains (FSAINS)

 

Sejarah

Tanggal 6 Juli 2005, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) resmi mengalami perubahan bentuk dan merger dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Cokroaminoto Palopo dibawah badan penyelenggara Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo. Perubahan bentuk ini disahkan dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 95/D/O/2005 dengan terbentuknya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Program studi dibawah naungan Fakultas MIPA adalah program studi Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Program studi Biologi terbentuk secara formal sejak tahun 2005 berdasarkan SK Mendiknas No. 95/D/O/2005 tanggal 6 Juli 2005, sebagai bagian dari Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Cokroaminoto (UNCP) Palopo. Pada tahun 2009 kinerja Program Studi Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika dinilai baik oleh DIKTI terbukti dengan dikeluarkannya perpanjangan ijin operasional No. 3722/D/T/2009 tanggal 29 Oktober 2009. Tahun 2010 ke empat Program Studi tersebut mendapat akreditasi dari BAN-PT dengan nomor: 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 tanggal 26 November 2010. Dengan nilai 236, peringkat C serta masa belakunya sampai tanggal 26 November 2015. Pada tahun 2015 telah melakukan reakreditasi dan telah divisitasi pada bulan April. Pada tahun 2014 Fakultas MIPA berganti nama menjadi Fakultas Sains.

Visi

Menjadi fakultas sains yang unggul dan berkarakter dalam bidang pengembangan sains terapan pada tahun 2030

Misi

  1. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan berintelektual dan profesional untuk menjadi anggota masyarakat yang bermoral, unggul, serta mampu bersaing secara nasional.
  2. Mengembangkan dan menerapkan sains dan teknologi demi perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan mutu dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  4. Meningkatkan kerja sama dengan dunia industri, dunia usaha maupun instansi pemerintah untuk meningkatkan kemajuan daerah dan bangsa melalui lulusan yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Tujuan

  1. Terwujudnya layanan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja.
  2. Terwujudnya budaya akademik dalam penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan lulusan.
  3. Terbentuknya lulusan yang mampu mengaplikasikan konsep ilmu sains dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
  4. Terwujudnya sistem manajemen fakultas yang efektif dan efisien.
  5. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan dunia industri, dunia usaha, dan instansi pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas lulusan.

Program Studi

  1. S1 Biologi
  2. S1 Fisika
  3. S1 Kimia
  4. S1 Matematika

Laboratorium

  1. Laboratorium Sel dan Jaringan
  2. Laboratorium Pengukuran
  3. Laboratorium Bahan Alam
  4. Laboratorium Komputasi