Berita

INOVASI BARU: MAHASISWA KKN UNCP SUKSES GELAR PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JAGUNG

Selasa, (30/07/19) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Cokroaminoto Palopo Posko II Kec.Bupon sukses mengadakan pelatihan pemanfaatan limbah kulit jagung. Setelah sukses mengadakan seminar program kerja (23/07/19), maka tiba saatnya mahasiswa dan masyarakat berkolaborasi untuk menyukseskan program kerja yang sudah dicanangkan tersebut. Dalam pemanfaatan limbah kulit jagung, kulit jagungnya dijadikan sebagai bunga hiasan rumah yang cantik dan bernilai ekonomis.

WhatsApp-Image-2019-07-30-at-19.32.45-(1)

Mahasiswa KKN Desa Buntu Batu ini sudah memikirkan program kerja (proker) pemanfaatan limbah kulit jagung dari awal observasi yang mereka lakukan, karna melihat potensi tanaman jagung yang ada di desa ini sangat banyak dan limbah kulit jagungnya hanya habis dibakar kemudian menyebabkan polusi. Maka dari itu mereka berinisiatif membuat dan mengajarkannya kepada masyarakat agar limbahnya tak lagi di buang dan dapat bernilai ekonomis di masyarakat. Pemanfaatan limbah kulit jagung ini diadakan di kantor Desa Buntu Batu Kec.Bupon dan diikuti oleh masyarakat Desa Buntu Batu itu sendiri dengan sangat antusias. Dalam pembuatan bunga limbah kulit jagung ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu pertama pewarnaan kulit jagung, kedua penjemuran kulit jagung dan yang ketiga pembentukan pola dan pemasangan.

WhatsApp-Image-2019-07-30-at-19.32.45

Roni Sanjaya selaku Koordinator Desa (Kordes) Buntu Batu mengatakan "kami melihat potensi yang ada di desa dan kemudian itu yang kami kembangkan, lewat kulit jagung kami bisa memberi warna tersendiri bagi desa yang kami tempati (Desa Buntu Batu), dan kemudian dengan ini pula kami bisa mengajarkan serta membantu perekonomian desa lewat kreativitas limbah kulit jagung ini", ujar kordinator Desa Buntu Batu ini. Disamping itu, seorang guru yang akrab disapa dengan ibu Mutia mengatakan "sangat kreatif dan sangat hemat, inovatif juga dan kemudian bernilai ekonomis, kami sangat mengapresiasi adik-adik KKN UNCP ini dalam membangun desa". Ungkapnya. (30/07/19). Roni sanjaya juga menambahkan "semoga yang kami lakukan ini dapat bermanfaat untuk ibu-ibu di desa ini sebagai salah satu mata pencaharian di waktu senggangnya". Tandasnya.

WhatsApp-Image-2019-07-30-at-19.32.44

Twitter