Berita

Diseminasi Hasil Pelaksanaan Tracer Studi UNCP Tahun 2018

Pada hari Sabtu, 2 Februari 2019 digelar pertemuan seluruh pejabat dan dosen UNCP yang membahas tiga agenda yaitu 1. Diseminasi hasil pelaksanaan tracer study yang dilaksanakan oleh UNCP career center (UCC), 2. Sosialisasi pengisian form penerbitan surat tugas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan 3. Bimbingan teknis pengisian sistem informasi terintegrasi (SISTER).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula E kampus 1 UNCP. Pemateri pertama disampaikan oleh bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si., yang membahas tentang diseminasi hasil tracer study. Menurut bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si., secara umum tracer studi adalah proses pelacakan lulusan secara sensus yang bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam 3 bentuk yang pertama transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, kedua situasi kerja terakhir dan yang ketiga keselarasan dan implementasi kompetensi di dunia kerja. Jadi inti dari tracer studi yaitu pelacakan lulusan setelah mereka meninggalkan kampus dua tahun. Jadi masa dua tahun itu dianggap sudah cukup bagi mahasiswa untuk menentukan tempatnya berkarir. Hasil dari tracer studi ini menunjukkan bahwa secara umum dari 1034 mahasiswa yang dilacak lulusan tahun 2016, yang bisa terhubung melalui pengisian kuesioner ada sekitar hampir setengah alumni yaitu 47,78%.

DSC_4497

Kemudian pemateri kedua dari Sekretaris LPPM ibu Besse Helmi Mustawinar, S.Pd., M.Si., yang membahas tentang sosialisasi form penerbitan surat tugas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pembahasan ini disampaikan kepada semua dosen bahwa form untuk penerbitan surat tugas penelitian dan pengabdian dilakukan secara online dengan mengisinya melalui google form. Jadi ini merupakan inovasi terbaru yang telah di desain oleh LPPM UNCP. Tujuannya adalah untuk memudahkan dosen. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk pengambilan surat tugas, setelah diisi formnya secara online maka ditunggu minimal 3 hari.

DSC_4523

“Mekanisme pengambilan surat tugas yaitu dengan mengisi form surat tugas secara online yang bisa dilakukan setelah selesai dibuat laporannya lalu mengurus surat tugasnya. Jadi intinya, jika bapak ibu dosen ingin mengambil surat tugas penelitian dan pengabdian harus sudah ada laporannya/buktinya” tegasnya.

Setelah itu, pemateri terakhir dibawakan oleh Direktur TI bapak Nahrun Hartono, S.Kom., M.Kom., yang membahas tentang SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi). SISTER ini merupakan akun terbaru yang berhasil di desain oleh Direktur TI UNCP bapak Nahrun Hartono, S.Kom., M.Kom. Beliau menghimbau kepada semua dosen agar memiliki akun SISTER tersebut.

DSC_4558

DSC_4500

DSC_4507

Twitter