Berita

UNCP SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR GEOSPASIAL

Universitas Cokroaminoto Palopo sukses menyelenggarakan Webinar Geospasial. Webinar ini terselenggara atas kerjasama antara Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Guru Geografi Berbasis Teknologi Informasi Geospasial”. Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara livestreaming di Channel youtube UNCP. Hadir dalam webinar ini sebagai narasumber Koordinator MGMP SMA Kabupaten Luwu Drs. Baharuddin, M.Pd., yang membahas tentang Problematika Pembelajaran Geografi. Dan narasumber kedua yaitu Ketua Program Studi Magister Pendidikan Geografi Universitas Negeri Makassar Prof. Rosmini Maru, S.Pd., M.Si., Ph.D., membawakan materi tentang Teknologi Informasi Geospasial dan Peningkatan Kompetensi Guru Geografi.

FOTO-2

Dalam sambutannya, Rektor UNCP Dr. Ma’rufi, M.Pd., menekankan pentingnya menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19 terutama dalam bidang pendidikan. Salah satu bentuk pembiasaan baru dalam pendidikan yaitu pembelajaran secara daring yang mendorong kita untuk meningkatkan kemampuan literasi baru kita yaitu literasi data, teknologi dan manusia. Lebih lanjut, Rektor UNCP memaparkan akan pentingnya sinergitas antara pihak LPTK dan sekolah.

FOTO-3

FOTO-4

Dalam webinar ini terungkap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru – guru di lapangan. Hal ini diungkapkan oleh Narasumber pertama Bapak Drs Baharuddin, M.Pd. dimana permasalahan yang dihadapi oleh guru geografi di lapangan terkait dengan kompetensi guru, bahan ajar, media pembelajaran dan penilaian proses dan hasil belajar. Sementara itu, narasumber kedua Prof. Rosmini Maru, S.Pd., M.Si., Ph.D banyak menyinggung tentang kemampuan berpikir spasial peserta didik, efektifitas pembelajaran geospasial dan beberapa penerapan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

FOTO-5

Webinar ini mendapat atensi positif dari masyarakat terutama bagi kalangan mahasiswa dan guru yang menjadi peserta dalam webinar ini. Tercatat sebanyak 153 peserta yang hadir melalui aplikasi Zoom yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu peserta dalam sesi diskusi mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan guru dalam pembelajaran daring adalah evaluasi pembelajaran. Pertanyaan ini mendapat tanggapan dari para narasumber dengan memberikan solusi terkait permasalahan ini. Dalam Penutupnya, Ketua Tim Pelaksana PKM dalam Hal ini Andi Jumard, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan harapannya semoga kegiatan seperti ini senantiasa terjalin dan berlanjut hingga tahapan workshop Geospasial sebagai upaya penguatan kompetensi guru geografi khususnya penggunaaan teknologi informasi geospasial. "Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu kegiatan webinar ini sehingga berjalan dengan lancar dan terima kasih pula kepada MGMP Geografi Kabupaten Luwu sebagai mitra dalam program ini," tutupnya.

FOTO-6

UNCP Beyond National Branding.

 

Twitter