Berita

UNCP LAKSANAKAN KKN TEMATIK DUKUNG PEMERINTAH TANGGULANGI COVID-19

Di tengah pandemi covid-19 yang melanda saat ini, Universitas Cokroaminoto Palopo melaksanakan program KKN yang berbeda dengan KKN sebelumnya. Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk menanggulangi Covid-19, Universitas Cokroaminoto Palopo melaksanakan KKN Tematik dengan tema “Komunikasi, Informasi dan Edukasi untuk Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah Pandemi Covid-19.”

KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib sebagai media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu mereka di masyarakat. KKN tematik difokuskan pada tema tertentu yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan masyarakat. Pada pelaksanaan KKN tematik, mahasiswa membuat suatu rancangan program kerja yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara individu dan/atau berkelompok sesuai dengan panduan KKN Tematik. Pada pelaksanaannya, beberapa mahasiswa yang berada pada satu desa/kelurahan dapat melaksanakan satu jenis program kerja yang sama dengan target masyarakat yang berbeda dan mematuhi protokol kesehatan. Cakupan target KKN tematik ini adalah lingkungan di sekitar tempat tinggal mahasiswa yang melaksanakan KKN. Dalam merancang program kerja, mahasiswa berkoordinasi dengan dosen pembimbing dan mempertimbangkan program kerja yang memungkinkan dikerjakan secara individu atau berkelompok.  

Sejalan dengan anjuran pemerintah untuk pencegahan Covid-19 dengan mematuhi 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi. UNCP mengambil kebijakan KKN Tematik dilaksanakan di domisili masing-masing dan tinggal di rumah masing-masing. Adapun jumlah peserta KKN Tematik UNCP mencapai 1.356 orang. Mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik dalam satu desa dapat bertemu pada satu tempat dan berdiskusi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, walaupun sangat disarankan untuk berdiskusi dan berkoordinasi secara daring/online melalui aplikasi whatsapp atau platform yang lain.

Twitter