Berita

Sanggar Seni UNCP (S2UCP) Lestarikan Tarian Pajaga Dalam Pertunjukan Malam Pesona Budaya

UNCP – Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo (S2UCP) helat pertunjukan seni Malam Pesona Budaya Jilid 8 dengan mengusung tema "ASALI" Mengenal Pajaga, Mengenal Kepribadian Orang Luwu yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kota Palopo pada, Sabtu (8/12/2018).

Tari Pajaga merupakan sebuah tarian yang saat ini masih sering dilakukan untuk menyambut tamu-tamu di Istana Kedatuan Luwu.

MPB-2

Vemi Lestari Panitia Pelaksana mengatakan “selain menjalankan program tahunan S2UCP, kegiatan ini terlaksana dengan maksud untuk tetap menjaga dan melestarikan tarian Pajaga tanpa mengenyampingkan segala bentuk tradisi yang ada, sehingga kami mencoba untuk membawakan tarian tersebut keatas panggung pertunjukan”

“tentunya bukan hal yang mudah bagi panitia dalam menalankan kegiatan ini tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Maka tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Kedatuan Luwu beserta seluruh perangkat adat, Kampus Universitas Cokroaminoto Palopo, Pemerintah Kota Palopo sponsor dan pelaku serta pendukung acara dan tekhusus kepada pengamat dan pelaku seni tari Pajaga yang dengan ikhlas menjadi bagian dari proses kami” lanjut Vemi.

Sementara Pimpinan Produksi  Khalifatur Rasydin menjelaskan bahwa “melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemuda yang peduli pada budaya, mendapatkan apresiasi dan dukungan yang lebih pada setiap pelaksanaan MPB ataupun kegiatan dalam bidang seni lainnya” tandasnya.

MPB-3

Dalam pertunjukan tersebut S2UCP melibatkan setidaknya 30 orang pemain yang merupakan gabungan dari mahasiswa dan pengurus S2UCP. Serta Alumni yang tergabung dalam Korps Alumni Sanggar Seni Unit Creative Production “KAMI S2UCP” dengan pimpinan artistic oleh Muhammad Anugrah, Koreografer oleh Syahrir, Penata Musik Saadillah Syamsu. Narasumber  dari Kedatuan Luwu beserta perangkat adat, Budayawan serta Pengamat dan pelaku seni tari pajaga luwu.

Twitter