Berita

PERINGKAT II SE- LLDIKTI WILAYAH IX, TRACER STUDY TINGKATKAN REPUTASI UNCP

Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Munawir Razak, S.IP., M.A., merilis klasterisasi perguruan tinggi 2020 beberapa waktu lalu. Dalam pemeringkatan lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 (enam) bulan, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menempati peringkat II dengan skor maksimal 4.00. Data lulusan tersebut diinput oleh Tim Tracer Study UNCP. Tracer study UNCP memperoleh dana hibah 4 tahun berturut-turut (2016-2019).

 Tracer-study-2

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Prof. Dr. Jasruddin, M.Si., dalam arahannya pada sosialisasi Tracer Study mengharapkan Pimpinan PT memberikan perhatian khusus terhadap pelaksanaan Tracer Study. Tiga tujuan minimal tracer study yaitu data perguruan tinggi dapat terupdate di PDDIKTI, penilaian Kementerian terhadap Perguruan Tinggi sehat dipengaruhi oleh tracer study dan meningkatkan posisi dalam klasterisasi PT di Indonesia (Tracer study masuk dalam outcame 35%). “Tracer study adalah suatu kewajiban dalam program merdeka belajar, kampus merdeka”, terangnya.

 tracer-study-3

Bobby Poerwanto, S.Pd, M.Si., selaku Ketua Tim Tracer Study UNCP 2016-2019 memaparkan beberapa stategi diantaranya koordinasi dengan Pimpinan Universitas, pembentukan Tim Tracer Study, penyempurnaan database alumni, instrumen, dll.  “Dukungan pimpinan sangat penting, Alhamdulillah UNCP mendapat dukungan penuh dari Wakil Rektor bidang Akademik yang terlibat langsung dan berperan aktif dalam diskusi Tim Tracer Study”, pungkasnya.

 Tracer-study-4

Tracer study online Dikti ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi serta evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi.

Twitter