Berita

PENGELOLA PDK FTKOM UNCP GELAR TOT DOSEN PEMBIMBING PDK

PALOPO – Pengelola PDK FTKOM UNCP menggelar ToT (Training of Trainer) dosen pembimbing PDK dalam rangka pelaksanaan Praktik Dunia Kerja Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (PDK FTKOM UNCP) semester genap tahun akademik 2020/2021 secara daring pada Jumat 16 Juli 2021 dengan tema “Inovatif, Kreatif dan Profesionalisme Kerja di Era Kenormalan Baru."

2.-Sambutan-Rektor

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNCP Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd., dan menghadirkan langsung pemateri dari dalam kampus UNCP sendiri yakni Dekan FTKOM UNCP Ibu Rusmala, S.Kom., M.Kom., bersama Dekan FSAINS UNCP Ibu Pauline Destinugrainy Kasi., S.Si., M.Sc. Melalui sembutannya Rektor UNCP menyampaikan PDK adalah salah satu mata kuliah yang pelaksanaan perkuliahannya berbeda dengan yang lain. PDK ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai instansi diluar institusi kita. Di tahun ini PDK dilaksanakan dimasa pandemi tentu banyak keterbatasan-keterbatasan, sehingga mahasiswa kita sangat butuh pembimbingan khusus. “Kepada dosen pembimbing diharapkan berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dengan baik bersama pimpinan instansi tempat membimbing mahasiswa PDK kita, bimbing dan arahkanlah mahasiswa kita ini dengan bijaksana serta ingatkan selalu mahasiswa kita agar di instansi tempatnya melaksanakan PDK nanti mereka memperhatikan peraturan-peraturan yang ada dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” harap Rektor UNCP.

3.-Laporan-Ketua-Panitia

Berdasarkan laporan dari Ketua Pengelola PDK Prodi Informatika FTKOM UNCP Ibu Fitrah Eka Susilawati, S.Kom., M.Kom., diketahui bahwa jumlah mahasiswa yang akan mengikuti PDK sebanyak 598 mahasiswa yang tersebar di instansi/badan/lembaga/organisasi di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Nabire yang akan dilaksanakan selama 6 minggu terhitung mulai tanggal 19 Juli sampai 27 Agustus 2021. Pelaksanaan PDK ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 sehingga dalam pelaksanaannya diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan. Pembimbingan dan pendampingan mahasiswa PDK akan dilakukan secara daring oleh dosen pembimbing yang berjumlah 25 orang dosen.

4.-Pemateri-1-Dekan-FTKOM

 

5.-Materi-Dekan-FTKOM

Kegiatan ToT dosen pembimbing PDK semester genap tahun akademik 2020/2021 ini diisi oleh dua materi urgen yakni untuk sesi pertama materi tentang Kurikulum, Tujuan, Manfaat, Pengelolaan dan Pengembangan PDK yang dibawakan oleh Dekan FTKOM UNCP Ibu Rusmala, S.Kom., M.Kom. Kemudian sesi kedua materi tentang Relevansi Praktik dengan Pengembangan Karakter dan Profesionalisme Kerja yang dibawakan oleh Dekan FSAINS UNCP Ibu Pauline Destinugrainy Kasi., S.Si., M.Sc.

6.-Pemateri-2-Dekan-FSAINS

Tujuan dilaksanakannya Praktik Dunia Kerja (PDK) yakni; 1) meningkatkan akses mahasiswa untuk belajar di dunia usaha dan dunia industri, 2) menciptakan kesesuaian proses pembelajaran antara kuliah dan dunia usaha serta dunia industri, 3) memberikan pengalaman bagi setiap mahasiswa dalam bekerja disuatu instansi/lembaga/perusahaan, 4) mengajarkan mahasiswa untuk disiplin dan tepat waktu, 5) memberikan gambaran yang nyata tentang dunia kerja dan 6) mendukung promosi FTKOM pada setiap instansi/lembaga/perusahaan.

7.-Foto-Peserta

8.-Foto-Peserta-2

Twitter