Berita

MAHASISWA KIMIA UNCP JUARA 1 KOMPETISI SOBAT BUMI PERTAMINA

PT Pertamina (Persero) mendukung penuh upaya pengembangan serta pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Sebagai perusahaan yang berfokus pada EBT, Pertamina menyelenggarakan Kompetisi Sobat Bumi yang bertujuan untuk mengembangkan bibit unggul Indonesia dalam menciptakan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi.

Tahun 2020 merupakan tahun ke-10 penyelenggaraan kompetisi, yang sebelumnya dikemas dalam nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dalam situasi Pandemi Covid-19 yang membatasi tatanan berkehidupan dan berkegiatan di masyarakat, Pertamina tetap mendorong adanya kegiatan produktif guna meningkatkan kreativitas bangsa dengan mengadakan kompetisi secara online melalui website www.sobatbumi.id.

Diharapkan kompetisi secara virtual ini mampu menjaring seluruh lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa/i jenjang S1 maupun S2, pengajar/akademisi, peneliti, pelaku usaha di bidang energi baru dan terbarukan, maupun penggiat di bidang energy, sehingga tetap mampu berinovasi dan berkontribusi untuk keberlangsungan bumi sekalipun dalam kondisi yang terbatas.

Melalui Kompetisi Sobat Bumi ini, Pertamina ingin menginspirasi masyarakat luas dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, dengan tujuan untuk memecahkan isu kelangkaan energi di daerah terpencil, pelosok dan daerah terisolisir lainnya, yang mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat serta lingkungan.

Program Kompetisi Sobat Bumi ini diselenggarakan mulai tanggal 1 Juli 2020 sampai dengan tanggal 9 Desember 2020. Penganugerahan pemenang Kompetisi Sobat Bumi akan diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2020, yang bertepatan dengan HUT Pertamina ke-63.

Kompetisi Sobat Bumi sebelumnya populer dengan sebutan Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA) dan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008. Sebagai salah satu BUMN terbesar di bidang energi dan petrokimia yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, Pertamina telah menunjukkan tanggung jawab besarnya yaitu ikut berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia dengan komitmennya memajukan pendidikan di perguruan tinggi di seluruh Indonesia melalui program kompetisi ini.

Dalam kompetisi ini, turut pula berpartisipasi mahasiswi Universitas Cokroaminoto Palopo dari Program Studi Kimia atas nama Nurul Ainun Bachtiar dalam Kompetisi Sobat Bumi 2020 Teori Sains (Bidang Kimia) yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2020. Dalam kompetisi tersebut, Nurul Ainun Bachtiar berhasil mendapatkan juara 1 seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan disusul juara 2 dan 3 dari Universitas Negeri Makassar.

Selamat kepada Nurul Ainun Bachtiar, UNCP Beyond National Branding.

Twitter