Berita

LOKAKARYA DAN WORKSHOP MBKM UNCP HADIRKAN PEMATERI DARI DIREKTORAT JENDRAL BELMAWA KEMENDIKBUDRISTEK

Universitas Cokroaminoto Palopo menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum dan Pedoman Implementasi Program Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, dan Workshop Reorientas Kurikulum Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kegiatan diselenggarakan 14 – 17 Juni dengan mematuhi protokol kesehatan di Aula E Kampus 1 UNCP. Pelaksanaan kegiatan sebagai tindaklanjut kerja sama dengan mitra yang mendukung pelaksanaan program MBKM dan percepatan pencapaian IKU serta menyempurnakan kurikulum UNCP.

mbkm-1_1 

Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo Dr. Ma’rufi M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudistek yang telah memberikan kesampatan kepada UNCP untuk mengelola Kegiatan Kerjasama dan Implementasi Kurikulum merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Harapan kita, kedepannya seluruh prodi di UNCP juga dapat menerima program serupa,” ucapnya.

 mbkm-2_1

Dr. Muhammad Ikram, M.Pd selaku PIC MBKM UNCP menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dan tindakan nyata UNCP dalam menyukseskan Misi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti khususnya MBKM dalam bentuk reorientasi kurikulum program studi. Pemateri kegiatan Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. Tim Ahli Kurikulum Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Ishaq Madeamin, M.Pd. Tim Trainer Kurikulum Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, dan Nasrun, M.Pd Tim Pengembang Kurikulum Universitas Muhammadiyah Makassar

 mbkm-3

Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. memaparkan materi terkait Desain Kurikulum Pendidikan Tinggi: Implementasi MBKM Sesuai SN-DIKTI dengan Pendekatan OBE. Terdapat beberapa kajian-kajian penting dalam materi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. yakni Relaksasi Kurikulum dan OBE, Siklus Kurikulum PT, Merumusakan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi, Pembentukan MK dan Perhitungan bobo sks MK, Matriks distribusi MK, dan bentuk Kegiatan Belajar MBKM.

 mbkm-4_1

Sistematika Kurikulum, Penetuan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan dijelaskan secara langsung oleh Ishaq Madeamin, M.Pd di damping oleh bapak Nasrun, M.Pd. Kegiatan ini juga mengarahkan seluruh peserta yang telah bergabung di Aula E UNCP dan Line ZOOM untuk langsung merumuskan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Mereka masing-masing.

mbkm-5 

Kegiatan ini diharapakan menghasilkan luaran seperti rumusan kebijakan di tingkat perguruan tinggi terkait program kerja sama kurikulum dan implementasi MBKM, Panduan/pedoman yang menjadi acuan program kerja sama kurikulum dan implementasi MBKM di tingkat program studi serta pengembangan kurikulum program studi yang mencakup perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran termasuk mekanisme dan prosedur konversinya, serta penjaminan mutu yang berbasis pada Capaian Pembelajaran Lulusan program studi.

mbkm-6

 

mbkm-7

 

Twitter