Berita

GELAR WORKSHOP PJJ BERBASIS LMS, LPM UNCP BEKALI DOSEN HYBRID LEARNING

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Cokroaminoto Palopo (LPM UNCP) melaksanakan Workshop Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis Learning Management System (LMS) pada 6 Desember 2020 secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HK.01.08/Menkes/7093/2020, dan Nomor 420-3987 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan hasil rapat Universitas tentang pembelajaran daring semester ganjil T.A 2020/2021 untuk Desember dan Januari akan dilaksanakan melalui LMS spada UNCP. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada dosen tetap UNCP dengan pengetahuan terkait Fasilitas Hybrid Learning.

LMS-1 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNCP Nur Wahidin Ashari, S.Pd., M.Pd., sekaligus pelaksana kegiatan melaporkan bahwa berdasarkan Surat Edaran DIRJEN Pendidikan Tinggi nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun akademik 2020/2021, tecatat bahwa perguruan tinggi menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran campuran (Hybrid learning) bagi mahasiswa yang belajar secara daring serta dosen yang mengajar secara daring. “Merujuk pada surat edaran tersebut, LPM UNCP menganggap Workshop PJJ berbasis LMS ini tepat untuk dilaksanakan,” pungkasnya.

LMS-2 

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ma’rufi, M.Pd., dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan memaparkan bahwa Learning Management System (LMS) adalah satu cara pengembangan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Teknologi inovasi LMS sendiri merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dapat membantu merencanakan, mengimplementasikan, memonitor, serta mengevaluasi sebuah pembelajaran.

LMS-3 

Lebih lanjut, Dr. Ma’rufi, M.Pd., dalam pemaparannya terkait kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh di UNCP, mengharapkan kepada seluruh pimpinan Fakultas, Prodi dan dosen untuk bekerja sama dalam memanfaatkan penggunaan LMS, sehingga pelaksanaannya dapat terorganisir dengan baik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Syafriadi, S.Kom., M.Kom., selaku narasumber, berbagi mengenai management pengelolaan LMS yang saat ini dimiliki oleh UNCP. Selain itu, Dr. Muhammad Ikram, M.Pd menambahkan terkait pengembangan konten sistem pembelajaran daring (SPADA UNCP). Manajemen materi berupa modul file memungkinkan dosen untuk memasukkan bahan ajar dalam bentuk file dokumen seperti Word, Power Point, atau PDF.

LMS-4

LMS-5

Twitter