Berita

Agro Expo 2018 Fakultas Pertanian UNCP Tampilkan Beragam Produk Pertanian Lokal

UNCPAjang Perlombaan dan Pameran beragam produk pertanian lokal bertajuk  Agro Expo 2018 dengan tema “ Membangun Sinergitas Perguruan Tinggi dengan Masyarakat melaui Inovasi Produk Pertanian yang Berkelanjutan”, sukses diadakan oleh Fakultas Pertanian UNCP.

Kegiatan Agro Expo 2018 yang berlangsung pada tanggal 13 Desembar 2018 dilaksanakan di Lapangan Basket Kampus II UNCP dan diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan diantaranya; Lomba Pameran produk Pertanian (Pangan dan Non Pangan), Lomba Olahan Produk Pangan Non Beras, serta Lomba Sambung Pucuk Kakao. Pembukaan kegiataan ditandai dengan pemotongan pita oleh Perwakilan Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo dalam hal ini diwakili oleh Hj. Nurmala Saruman S.Pd., M.Pd.

5cacc58c-5fc2-4a3f-9e63-4b17808acd34

Rahman Hairuddin S.P., M.Si dalam sambutannya mengatakan “Komoditi Pangan kita sangat digemari oleh masyarakat dunia, hanya saja dari segi teknologi pengolahan dan promosi masih perlu ditingkatkan serta dilakukan pelestarian tanaman tersebut khususnya tanaman sagu agar plasma nutfahnya tidak punah dan hasil dari pengolahan komoditi tersebut tentu bisa dipromosikan melalui kegiatan Agro Expo ini”ucapnya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Pertanian UNCP tersebut menyatakan bahwa, pentingnya  kegiatan ini, diharapkan menjadi sebagai salah satu strategi promosi untuk menunjukkan hasil komoditi pertanian dan produk olahan Luwu Raya dan tentunya diharapkan pula adanya transaksi langsung yang saling menguntungkan, bahkan diupayakan agar kegiatan ini sering diadakan ungkap beliau.

Sementara Wakil Ketua Panitia Agro Expo 2018 Firman Santhy Galung, S.Si.,M.Si. dlam laporannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh  Panitia dan Pihak Sponsor yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini.

 “Tujuan dari kegiatan Agro Expo 2018 untuk mempererat silaturrahmi Fakultas Pertanian dengan Masyarakat, Dinas Terkait, Mahasiswa antar Perguruan Tinggi se-Kota Palopo serta sebagai ajang sosialisasi  Fakultas Pertanian kepada Siswa SMA/SMK se-derajat untuk  kemajuan dan pengembangan Fakultas Pertanian Kedepannya”

2c54e900-ae41-47fb-ba7a-052ebdbd436e

Kegiatan Agro Expo 2018 diikuti sebanyak 104 Tim, yang terdiri atas peserta lomba Pameran Produk Pertanian 35 Tim, Lomba Olahan Pangan Non Beras 32 Tim dan Lomba Sambung Pucuk (dua kategori : mahasiswa dan Siswa SMA/K Sederajat) 37 Tim. Peserta kegiatan Agro Expo 2018 diantaranya dari Instansi Dinas Pertanian Kota Palopo, Gabungan Kelompok Tani dan Penyuluh, Para Ibu Tim Penggerak PKK, Guru dan Siswa SMA/K Sederajat, serta Institusi Perguruan Tinggi seperti Universitas  Andi Djemma dan Universitas Cokroaminto Palopo.

9a80711c-778c-465a-836b-aa725c46e776

Pada akhir acara penutupan, dilakukan pengumuman dan Penyerahan hadiah kepada seluruh Juara.  Juara pada Lomba Pameran Produk Pertanian diraih oleh  Tim Chemistry Squad (Juara I) , Tim Bukan Kaleng-Kaleng (Juara II)  dan Tim  Wanita dan Pemuda Tani Bone-Bone (Juara III). Sementara pemenang Lomba Produk Olahan diraih oleh Tim Dosen FTKOM (Juara I), Tim Pejuang Skripsi (Juara II), dan Tim Staff FKIP (Juara III). Sedangkan untuk lomba Sambung Pucuk kategori mahasiswa diraih oleh Tim Penus Squad (Juara I),Tim Maya/Wirata (Juara II), Tim Amboyong (Juara III). Untuk Kategori Siswa SMA/K Se-derajat,  Juara I dan III diraih oleh Tim SMKN 2 Luwu Timur dan Juara II  SMKN 2 Luwu Utara.

Twitter