Berita

UNCP Mewisuda 219 Sarjana

Hari ini Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) mewisuda 219 sarjana, yang terdiri atas 128 Sarjana Pendidikan (S.Pd), 27 Sarjana Pertanian (S.P.), 19 Sarjana Sains (S.Si), dan 45 Sarjana Komputer (S.Kom). Rata-rata IPK mencapai 3,34 dan rata-rata lama studi 4 tahun 3 bulan.  Wisudawan terbaik tingkat Universitas diraih oleh Sahidin Pauba, S.P. dengan IPK 3,88 dan masa studi 4 tahun 2 bulan dari program studi Agroteknologi. Wisudawan terbaik Fakultas Teknik Komputer, Ramansyah Putra Syam, S.Kom, dengan IPK 3,84 program studi Informatika. Lulusan terbaik Fakultas Sains, Ayu Lestari, S.Si. dengan IPK 3,83. Lulusan FKIP, Ayu Atmila, S.Pd dengan IPK 3,80 program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., MA., M.Phil., M.Si Guru Besar Ilmu Komputer ABFI Institute Perbanas memberikan orasi ilmiah dengan judul "Strategi Meningkatkan Daya Saing Kompetitif dalam Ekosistem Komunitas Asean"

Rektor UNCP, Dr. Suaedi M.Si, melaporkan perkembangan dan kemajuan UNCP hingga awal tahun 2015, beliau mengungkapkan "sejak tahun 2010 UNCP terus memperkuat fondasi dan mengembangkan diri untuk mencapai visi 2030, menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Fondasi yang dibangun ini adalah pilar untuk beyond national branding, menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan secara nasional"

Perkembangan UNCP dari segi kelembagaan dengan membukaan 3 program studi baru yaitu: S1 Pendidikan Biologi, S2 Pendidikan Matematika sesuai SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 33/M/2015 tanggal 20 Maret 2015 dan S1 PGSD berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 502/M/2015 tanggal 2 September 2015, Peringkat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nilai B (Sangat Baik). Dari segi akademik, memberlakukan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Pembelajaran menerapkan model Lesson Study (LS). Model LS ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran, mendorong keaktifan mahasiswa dan dosen, memberi pengalaman pembelajaran bagi mahasiswa calon guru, dan meningkatkan hasil belajar secara berkesinambungan, dan Prodi Informatika telah menambah bidang peminatan menjadi 5 bidang yakni rekayasa perangkat lunak (software development), jaringan, website, multimedia, dan sistem informasi geografis.

Saat ini, jumlah dosen di UNCP  195 orang dengan berbagai prestasi diantaranya Pembicara seminar internasional WISSC di Malaysia, Pembicara seminar internasional WALS-IC di Thailand, Pembicara seminar internasional WALS-IC di Bandung, Pembicara Asia TEFL di Singapura, Pembicara di TEFLIN di Solo, Pembicara INDOMS International Confrence On Mathematics Its Application di Jakarta, Konfrensi Internasional ICSMR di Makassar, Pembicara di konfrensi internasional Bahasa Indonesia di Jakarta, Pembicara seminar internasional bahasa Inggris di Bali, Seminar Nasional Fisika di Makassar, Lulus sertifikasi tahun 2014 sebanyak 10 orang. 

Beliau menambahkan Salah satu indikator kemajuan suatu universitas adalah kinerja alumninya. Raih prestasi yang menggembirakan. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa inilah alumni UNCP. Jadilah Sarjana pembelajar. Miliki keberanian jiwa dan kebaikan hati. 3pusatteknologiinformasi