Berita

Tingkatkan Kapasitas Dosen, UNCP Gelar Workshop Publikasi Ilmiah

PALOPO-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Cokroaminoto Palopo melaksanakan Workshop Publikasi Ilmiah, yang membahas tentang Pemenuhan Syarat Khusus Kenaikan Jabatan Fungsional.

14d53bc2-d751-4b80-89e1-1ed968f4f4e2

Rahman Hairuddin, Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo dalam sambutannya mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan memotivasi dosen untuk menulis dan melakukan publikasi ilmiah.

"Kegiatan ini menjadi agenda yang sangat penting karena penelitian merupakan salah satu tugas utama dosen. Hal ini juga akan berimplikasi pada beberapa hal termasuk pada proses kenaikan pangkat. Semoga workshop ini bisa menambah motivasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi di jurnal ilmiah bereputasi," kata Rahman.

3bb8c0e1-f806-40f0-a8c9-345653ed2b47

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan dosen UNCP di Aula E Kampus 1 UNCP, Senin (4/3). Workshop publikasi ilmiah menghadirkan narasumber Prof. Dr. Dahlang Tahir, M.Si., Ph.D.

Ia merupakan dosen Universitas Hasanuddin, yang pada usia 38 tahun meraih guru besar bidang studi fisika di Universitas Hasanuddin.

efe7e13c-78e0-43fe-a039-c1909b2659f6

Dalam kesempatan tersebut Prof. Dahlang Tahir menguak bahwa untuk dapat menjadi penulis dalam publikasi ilmiah internasional, dibutuhkan strategi khusus.

"Para dosen atau peneliti harus banyak berlatih menulis artikel yang memenuhi standar publikasi jurnal internasional sebagaimana peribahasa practice makes perfect," tuturnya.

Lulusan Chungbuk National University, Chungbuk, Korea tersebut mengulas 12 tips sederhana untuk menulis dan melakukan publikasi ilmiah.

“Secara umum, proses penting yang harus dicermati oleh para penulis jurnal adalah bagaimana mengembangkan ide, bagaimana dasar-dasar penulisan artikel yang memenuhi standar jurnal, serta bagaimana proses mempublikasikan artikel tersebut,"kata Prof. Dahlang.

Lebih dalam ia mengungkapkan bahwa setiap hari dirinya meluangkan waktu untuk membaca jurnal selamat 15 menit, dan memilih dua atau tiga jurnal sejenis yang ditulis secara sistematis.

Twitter