Berita

Tim PKM UNCP Melakukan Pendampingan PTK pada Kelompok Guru SMP Kecamatan Bua

Program Kemitraan Masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban bagi setiap dosen tiap semester. Melalui DRPM, Kemristekdikti memberikan hibah untuk proposal PKM yang dinilai baik dan dapat berkontribusi besar di masyarakat. Salah satu judul PKM yang lolos dari UNCP adalah pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMPN 2 Bua dan SMPN Satap Raja. Proposal ini terdiri dari dua kegiatan yaitu pelatihan yang telah dilaksanakan pada April, dan dilanjutkan dengan pendampingan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan untuk guru melakukan PTK sehingga permasalahan yang terjadi di kelas dapat diselesaikan dengan PTK, dan juga kegiatan ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan poin akreditasi yang terdapat pada standar pendidik dan tenaga kependidikan. Saat ini, baik SMPN 2 Bua dan SMPN Satap Raja masih berakreditas B.

index2_2

Kegiatan pendampingan yang dilakukan melibatkan beberapa dosen, yaitu Baso Ali, S.Pd., M.Pd, Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si, Aryadi Nurfalaq, S.Si., M.T, Mukhtar, S.Pd., M.Eng, Feri Padli, S.Si., M.Pd, Abdul Zahir, S.Pd., M.Pd, Hasbi, S.Pd.,M.Pd dan Riska Yanu Fa’rifah, S.Si., M.Si. Dari beberapa guru yang hadir dibuat grup-grup kecil untuk kemudian membicarakan tentang teknis pelaksanaan PTK di kelas masing-masing.

IMG_6889

Respon guru-guru sangat baik dan sangat antusias dalam merumuskan permasalahan yang akan diselesaikan. Output dari kegiatan ini adalah adanya laporan PTK dari guru-guru yang nanti bisa mereka gunakan untuk kenaikan pangkat. Selain itu, diharapkan juga bagi guru untuk melakukan publikasi pada jurnal-jurnal yang telah disediakan di UNCP.

Twitter