Berita

PRODI PGSD UNCP SELENGGARAKAN WORKSHOP DESAIN PEMBELAJARAN 4.0.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) kembali menyelenggarakan Workshop yang dalam hal ini berbasis Desain Pembelajaran yang bertajuk Lesson Study (L.S) dengan tema “Melahirkan Calon Pendidik Inspiratif melalui Pengenalan Perangkat dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif” pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 di Aula Kampus 3. Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan FKIP Ibu Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A., yang sekaligus membuka kegiatan ini. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana dan Dekan FKIP.

DSC_7890

Sambutan pertama oleh ketua pelaksana Bapak M. Rusli B., S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Workshop Desain Pembelajaran 4.0 dgn memberikan pengenalan kepada mahasiswa tentang perangkat pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran dan pengenalan konsep pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jumlah peserta Workshop ini yaitu 98 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester 2 dan semester 4 Prodi PGSD. Rangkaian kegiatan workshop ini yaitu; Sesi pertama mahasiswa akan diberikan materi terkait desain pembelajaran, media pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran. Kemudian Sesi kedua mahasiswa akan dibagi ke dalam 4 kelompok besar, lalu melakukan simulasi atau praktek mengajar dengan konsep Lesson Study (L.S.)

DSC_7900

Kemudian dilanjutkan oleh Sambutan kedua oleh Dekan FKIP Ibu Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A., menyampaikan bahwa di Era 4.0 ini kita diharapkan mampu; berinovasi, aktif dalam hal digital, dan menjadi enterpreneurship. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa ada 4 standar kompetensi guru yaitu; kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak. Senada dengan hal tersebut beliau sangat mengharapkan materi yang diberikan di sesi pertama ini tentang bagaimana mendesain pembelajaran, kemudian bagaimana memilih media yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bisa diaplikasikan ke materi yang kedua terkait Lesson Study (L.S). Dalam sambutannya tak lupa beliau ungkapkan “mengapa Lesson Study? Karena Lesson Study adalah salah satu program unggulan FKIP UNCP. Dalam L.S., diharapkan semua siswa harus terpenuhi kebutuhan hak belajarnya. Artinya bahwa harus 100% atau semua siswa paham dengan materi yang kita ajarkan. Inilah yang kemudian menjadi tujuan utama Lesson Study itu sendiri. Dan tentunya kami dari Fakultas menyambut kegiatan ini dengan gembira karena temanya sangat tepat dengan kondisi saat ini serta terima kasih kepada Ketua Prodi PGSD yang telah memasukkan kegiatan ini sebagai salah satu agendanya dalam semester ini”. Ungkapnya.

Tujuan dari kegiatan workshop ini yaitu mahasiswa diharapkan mampu secara materi menyusun perangkat pembelajaran kemudian memperoleh pengalaman dalam praktik mengajarnya nanti tentunya sebagai pendidik karena mahasiswa PGSD adalah calon pendidik untuk Guru Sekolah Dasar.

WhatsApp-Image-2019-05-11-at-10.10.19

Twitter