Berita

Ayo Kuliah di UNCP dan Pilih Program Studi Matematika FSains

Sekedar informasi, pada Agustus 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 7,56juta orang (www.bps.go.id). Angka ini setara dengan 6,18 persen dari total 122,4 juta orang angkatan kerja.

Sayangnya, dari sekian jumlah pengangguran tersebut, sebanyak 400 ribu yang bergelar Sarjana, hmm, namun jangan khawatir.. Salah satu faktor yang mempengaruhi sarjana menganggur adalah kesalahan dalam pemilihan jurusan, ko bisa? Beberapa jurusan memiliki prospek kerja yang kecil sehingga berdampak pada lulusan yang dihasilkan. Oleh karena itu, penting untuk memilih jurusan-jurusan apa saja yang menjanjikan masadepan yang lebih cerah.

Jurusan Matematika merupakan salah satu jurusan yang menghasilkan lulusan yang banyak dibutuhkan di masyarakat dan memiliki prospek kerja yang besar. Program Studi Matematika FSains UNCP hadir untuk menghasilkan lulusan matematika yang berkompeten di bidang pemodelan dan komputasi sesuaidengan visi dan misi program studi.

Hal ini yang menyebabkan lulusan-lulusan langsung terserap di dunia kerja. Tidak hanya itu, ada beberapa alasan mengapa kuliah di Program Studi Matematika FSains UNCP menjadi prioritas utama:

Program Studi Terakreditasi“B”

Program studi Matematika merupakan salah satu program studi di UNCP yang meraih predikat akreditasi B pada tahun 2015 (www.ban-pt.kemdiknas.go.id). Dengan Keunggulan akreditasi B, maka Mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari instansi yang mepersyaratkan akreditasi minimal B, selain itu, program studi Matematika dapat terserap di semua instansi baik instansi swasta maupun instansi negeri, sekaligus mampu bersaing dengan mereka. Keunggulan akreditasi B juga adalah Sebagian besar perusahaan swasta, BUMN bahkan pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga mensyaratkan akreditasi program studi minimal B. keren kan…

TenagaPengajar (Dosen)BerasaldariPerguruanTinggiTerbaik di Indonesia

KualitasPengajar (Dosen) tidak diragukan lagi. Semua pengajar berasal dari lulusan Perguruan TinggiTerbaik di Indonesia seperti Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi negeri yang terkenal dan diakui menghasilkan tenaga pengajar matematika yang handal baik di bidang pemodelan, komputasi, statistika, matematika murni, matematika terapan, aktuaria (asuransi), maupun analisis. Mantap…

Fasilitas-Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang kami sediakan diantaranya ruang program studi, ruang kuliah berlantai 3 (KursiLipat), Perpustakaan FSains, Laboratorium Komputasi (Full AC), Masjid dan Kantin. Khususbagi kalian yang suka organisasi, kalian bisa gabung di Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika FSains UNCP.

  1. Prospek Lulusan

Aktuaris merupakan orang yang ahli dalam ilmu aktuaria (Asuransi) yang mampu mengestimasi seberapa mungkin peristiwa yang akan datang bisa terjadi dan mencoba menganalisa dampak keuangannya bila hal itu terjadi. Hampir sebagian besar Perusahaan Negeri maupun Swasta yang membutuhkan aktuaris, tidak terkecuali bagi perusahaan-perusahan yang bergerak di jasa asuransi. Di tahun 2013 jumlah Perusahaan Asuransi di Indonesia sebanyak 137 perusahaan (93 perusahaan Asuransi Umum dan 44 Perusahaan asuransi jiwa) seperti PT Asuransi Jasa Raharja, PT Jiwasraya, PT Jamsostek, Perum Pegadaian, BPJS. Kuliah di Prodi Matematika FSains UNCP memberikan kesempatan bagi kalian untuk menjadi seorang aktuaris. Matakuliah matematika asuransi, matematika keuangan, matematika finansial, matematika ekonomi, statistika matematika menjadi modal utama kalian untuk menjadi seorang aktuaris.

a. InstansiPemerintahan

Badan Pusat Statistik (BPS), Perguruan Tinggi Negeri, Departemen Keuangan, LIPI, Bank Indonesia, Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, Muamalat, BTN dll

b. BidangTeknologiInformasi (Analisis Sistem Komputer dan Pengembang Software)

Teknologi informasi pada saat ini sepenuhnya berbasis pada matematika. Karena itu banyak lulusan matematika yang bekerja dalam bidang teknologi informasi. Kerja mereka dalam bidang yang benar-benar menanjak bisa dalam bidang produksi software ataupun dalam bidang jaringan computer dan pembangunan website-website dalam jaringan internet, seperti perusahaan HP (Samsung, Lenovo, Huawei dan Oppo), Perusahaan Telekomunikasi (XL Axiata, IndosatTbk, PT Telekomunikasi IndosesiaTbk), Telkomsel (Graphari).Pengetahuan tentang teori bilangan dalam matematika adalah salah satu modal utama untuk menjadi ahli dalam system keamanan teknologi informasi saat ini yang begitu cepat berkembang.

c. Pegawai Negeri Sipil

Pastinya, Jadi seorang PNS merupakan salah satu idaman bagi setiap warga Indonesia untuk mendapatkan tunjangan hidup yang baik dan gaji yang mencukupi, namun jangan juga terlalu terobsesi, masih banyak lapangan kerja lain..

d. TenagaPengajar di Sekolah (Guru)

Siapa bilang hanya alumni sarjana pendidikan saja bisa jadi guru? Alumni sarjana non kependidikan juga bisa jadi guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melegalkan sarjana non kependidikan (seperti lulusan Matematika Sains) untuk menjadi guru profesional. Kebijakan membuka akses bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru ini tertuang dalam Permendikbud 87/2013 tentang Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG).Sarjana dari fakultas non FKIP itu bebas mengajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/sederajat. Sarjana non kependidikan juga diwajibkan mengikuti saringan masuk PPG selayaknya sarjana kependidikan.

e. IndustriBesar

Lulusan matematika juga mempunyai kesempatan berkarir di industri-industri besar di Indonesia. Bukan tidak mungkin, Industri besar juga memerlukan seorang analis yang berguna mengontrol kualitas barang yag dihasilkan oleh industry tersebut dan menganalisis risiko.

Jadi tunggu Apalagi,,,,Buruaaan Daftar di Program Studi Matematika FSains UNCP!!!!!!!

Gelombang 3 sudah terbuka, tes 17 Mei 2016 di Kampus 1 UNCP

 

 

 

Twitter