Berita

41 Mahasiswa SAINS UNCP Ikuti Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Sebanyak 41 mahasiswa SAINS UNCP bersama Ribuan mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi dari berbagai kampus berkumpul dan siap bersaing dalam ajang kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2015 di Makassar. Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 Agustus sampai dengan 30 September 2015. Kegiatan OSN ini membutuhkan waktu yang panjang karena ada beberapa tahapan seleksi dan jenjang perlombaan.
OSN Pertamina 2015 diselenggarakan PT Pertamina (Persero) bersama Universitas Indonesia sebagai mitra kerja sama yang didukung penuh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Perguruan Tinggi seluruh Indonesia ini akan mengompetisikan empat bidang, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, sedangkan untuk kategori proyek sains, akan dikompetisikan karya cipta bertemakan “Energi Baru dan Terbarukan”. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final tingkat nasional. Adapu dari tujuan pelaksanaan olimpiade ini adalah untuk melihat kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi sains maupun teknologi. Gagasan tersebut disampaikan dan divisualisasikan oleh peserta melalui scientific paper dan aplikasi model atau karya cipta.
Adapun babak seleksi provinsi yang dilaksanakan hari ini merupakan tahap penyisihan pertama OSN Pertamina 2015. Untuk seleksi selanjutnya adalah sesi wawancara, setelah itu akan dilanjutkan dengan pengumuman peserta yang lolos dan berhak ikut untuk babak seleksi tingkat Nasional. Pemenang alam babak seleksi nasional tersebut, kemudian akan mengikuti seleksi Nasioanal dan tingkat regional untuk Asean dan Alhamdulillah, dari ribuan yang mengikuti OSN, UNCP mendapat 3 kursi/perwakilan mahasiswa yang lolos untuk mengikuti babak selanjutnya, yaitu tingkat nasioanal asean. Selamat.