Berita

130 Karya Mahasiswa Informatika UNCP, Ikut Pameran IT di Event HMTI

Palopo - Sebanyak 130 karya Mahasiswa Program Studi Informatika FTKOM UNCP ikut pameran kreativitas mahasiswa mandiri sebagai intelektualisasi ilmu pengetahuan hingga menghasilkan sebuah karya. Bertempat di Pelataran Gedung Saodenrae Convention Center (SCC) yang mengangkat tajuk “Inovatif, Kreative dan Mandiri” itu dibuka oleh Nirsal, S.Kom., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Teknik Komputer, pameran yang diselenggarakan dalam rangkaian Event HMTI Ahad, 24 Juli 2022.

pit

Dekan Fakultas Teknik Komputer, Nirsal, S.Kom.,M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa karya-karya ini jangan hanya terhenti sampai pada pameran ini saja, namun bisa diikutkan dalam berbagai program pemerintah seperti P2MW, PKM, dan masih banyak lagi program lainnya. Kemudian beliau menegaskan untuk menuangkan karya-karya ini dalam bentuk tulisan untuk diusulkan dalam program-program yang ditawarkan oleh pemerintah.

Abdullah Syukur, S.Pd.,M.Pd. selaku ketua panitia menyampaikan dalam sambutannya bahwa pameran produk akhir dari beberapa mata kuliah seperti Technopreneur, Citra Digital, Desain Visual Komunikasi, Pemrograman Mikrokontroler, dan Aplikasi ArcGIS. "Karya mahasiswa yang dipamerkan ada dalam bentuk kerajinan tangan, makanan dan minuman, aplikasi dan banner, prototype, baju, totebag, dan lain sebagainya," tutupnya.

pit-3

Pameran ini diharapkan dapat mengangkat potensi mahasiswa mahasiswi dalam bidang kreativitas dan IT yang merupakan sebagai rangkaian dari Tugas karya mahasiswa Informatika khususnya Entrepreneur, lebih lanjut Nuur Insan mengungkapkan bahwa karya-karya mahasiswa yang di sajikan tidak hanya berhenti pada penilaian dosen, tetapi sudah merambak ke pemasaran penjualan lokal hingga income bagi mahasiswa.

pit-2

"Saat ini tercatat rata-rata mendapatan 500 ribu sudah bisa dihasilkan oleh mahasiwa sebagai awal penjualan, bahkan ada beberapa produk sudah mulai proses penjualan ke luar sulawesi, seharusnya dapat diapresiasi pula secara luas oleh masyarakat, khususnya di wilayah Kota Palopo," ujar Nuur Insan Tangkelangi, S.Pd., M.Pd, M.Tsol yang merupakan salah satu dosen Informatika UNCP Lulusan dari perguruan tinggi di Australia.

pit-7

“Sangat mengesankan dan Inovatif semua karya yang disajikan oleh peserta, beberapa produk khususnya makanan dan minuman yang dimana bahan bakunya sangat mudah didapatkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar itu sangat bagus dan sudah sangat layak untuk diproduksi,” kata Syafriadi, S.Kom.,M.Kom selaku Wakil Dekan FTKOM, pada saat melakukan kunjungan ke stand-stand pameran.

pit-5

Mewujudkan keinginan untuk membenahi kemampuan kita, yang awalnya belum mengetahui bagaimana membuat produk hingga akhirnya mampu menghasilkan sebuah karya “Kegiatan ini sangat luar biasa dan sangat diapresiasi kegiatan seperti ini sekaligus merasa bangga dengan hasil kreativitas yang dipamerkan oleh mahasiswa Palopo, ungkap salah satu pengujung yang merupakan salah satu siswa SMA di Kota Palopo.

Kepala Laboratorium Komputer UNCP Safwan Kasma, S.Kom.,M.Kom, menyarankan agar mahasiswa mengurus hak cipta dan mengurus sertifikasi Halal agar menghindari terjadinya peniruan karya dan menjamin kualitas produk. "terus semangat dalam menghasilkan karya dan mengembangkan dan menciptakan inovasi yang baru yang mampu meningkatkan pengembangan Industri Kreatif Indonesia," tuturnya.

pit-4

Twitter