Berita

WEBINAR FTKOM UNCP: INFORMATIKA DAN PERANNYA DI ERA NEW NORMAL

Palopo - Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOM UNCP) menyelenggarakan Webinar dengan mengangkat tema "Informatika dan Perannya di Era New Normal" yang diselenggarakan secara daring melalui Live Zoom Meeting dan Streaming YouTube UNCP pada Kamis (01/10/2020). Peserta yang mendaftar lebih 2000 orang, google form 1988 orang dan total afiliasi sebanyak 148, peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Webinar tersebut menghadirkan narasumber Munawir, S. Kom., M.T., Ph.D., dengan materi Social Network Data Analysis dan Irwan Ramli, M.Si., Ph.D., dengan materi High Performance Computing.

ftkom-2

Webinar ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNCP Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menerangkan bahwa perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia memiliki manfaat besar. Perkembangan teknologi informasi manfaatnya terasa diberbagai bidang, apalagi ditengah pandemi wabah Covid-19 ini. Pandemi Covid-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah. Termasuk dalam hal kebutuhan kepada teknologi. “Harapan kami, peserta mendapat wawasan baru terkait Sosial Network Data Analysis dan High Performance Computing (HPC)”, tuturnya.

 ftkom-1

Era kehidupan baru/new Normal menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri dalam perkembangan teknologi terhusus informatika. Tantangan saat ini mengakibatkan kehidupan manusia sedikit-demi sedikit terbiasa membutuhkan jaringan. Berdampingan dengan itu, situasi ini menghadirkan peluang bagi penggiat IT untuk berlomba-lomba dalam melakukan inovasi.

 ftkom-3

Sosial network analisis adalah suatu alat dalam memetakan jaringan dan mengidentifikasi pola aliran pengetahuan individu, kelompok atau organisasi dalam suatu jaringan. Sosial network analisis berguna Kapanpun mempelajari jejaring baik offline atau online. Sosial network analisis biasa diterapkan dalam kegiatan pemasaran atau marketing yang tidak boleh dipisahkan dengan aktivitas lain misalnya penelitian pasar. Sehingga pengelola perusahaan harus bisa menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalahnya. Sedangkan, keberadaan High Performance Computing sebagai teknologi canggih memberikan manfaat besar dengan memberikan sentuhan teknologi dan performansi tinggi yang dapat mempersingkat waktu dalam komputasi.

ftkom-4

 

ftkom-6

Twitter