Berita

VIDEO CONFERENCE, UNCP BERSAMA KEPALA LLDIKTI WIL. IX SULAWESI BAHAS TINDAK LANJUT USULAN AKREDITASI

Selama masa pandemi corona virus desease (Covid-19) Pemerintah Republik Indonesia memberikan perhatian khusus di bidang Pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19 pada satuan pendidikan. Kebijakan pendidikan masa darurat corona membuat seluruh kampus menerapkan Work From Home (WFH).


CONFER-1
Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melaksanakan WFH sejak 23 Maret 2020 dengan merujuk pada arahan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan hasil Rapat Pimpinan UNCP. Jum'at 11 April 2020 pukul 16.00, UNCP melaksanakan video conference antara pimpinan UNCP, pejabat lingkup, dan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi membahas tentang  aturan baru Akreditasi sesuai dengan surat BAN PT Nomor 0449/BAN-PT/LL/220 dan edaran Dirjen Dikti Nomor 302/E.E2/KR/2020, 30 Maret 2020 tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Pendidikan.

CONFER-2


Perguruan Tinggi/Program Studi yang terakreditasi diberikan opsi membatalkan atau tidak membatalkan usulan akreditasi. Pembatalan usulan akreditasi diajukan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi dengan menyampaikan permohonan pembatalan, BAN-PT akan menerbitkan Keputusan Perpanjangan Akreditasi dengan status akreditasi, nilai, dan peringkat terakreditasi yang sama dengan keputusan akreditasi terakhir. Sedangkan, Perguruan Tinggi yang tidak membatalkan usulan akreditasi maka proses akan dilanjutkan sampai penetapan pemenuhan syarat peringkat Akreditasi dengan ketentuan tertentu. Saat ini, UNCP memperoleh Akreditasi Institusi B (sangat baik) dari BAN-PT. Membina 4 Fakultas dan 14 Program Studi. Semua Program Studi terakreditasi dan 11 diantaranya terakreditasi B.

Prof. Jasruddin, M.Si., memberikan informasi tambahan terkait Bidikmisi/Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan SMA sederajat dengan potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. "Tahun 2020 kuota bidikmisi bisa meningkat sampai 5 kali lipat dari jumlah sebelumnya", imbuhnya.

Twitter