Berita

UNCP Sukses Gelar Seminar Nasional

Sabtu, 18 Nopember 2017. UNCP kembali menggelar Seminar Nasional dengan mengusung tema “Inovasi dan Produktifitas Perguruan Tinggi Berbasis Riset” yang bertempat di gedung Merdeka Convention Hall (MCH)

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh UNCP dan diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan tujuan untuk mewadahi penyebarluasan hasil-hasil penelitian atau diseminasi serta pemikiran kritis para peneliti dan akademisi dari seluruh Indonesia.

Kegiatan Seminar Nasional UNCP dibuka oleh Bapak Walikota Palopo yang diwakili Kepala Inspektorat Kota Palopo Bapak H. Muhammad Samil Ilyas, SE, MM, yang dalam sambutannya memberikan penjelasan terkait kemajuan pembangunan yang ada di Kota Palopo yang akan berpengaruh terhadap bertambahnya dinamika  perkembangan ilmu dan teknologi di perguruan tinggi, dimana riset yang dijalankan oleh perguruan tinggi terus menerus dan pada saatnya akan menghasilkan inovasi yang dapat menunjang daya saing industri nasional, dan jika inovasi tersebut terbukti mampu mengefektifkan proses produksi atau meningkatkan produktifitas serta dapat menurunkan biaya produksi akan berdampak kepada daya saing produk industri nasional. Hal tersebut perlu diproteksi melalui inovasi dan produktifitas perguruan tinggi berbasis riset sehingga alumni perguruan tinggi makin berkualitas dan berguna bagi masyarakat. Beliau juga menegaskan bahwa peran Universitas Cokroaminoto Palopo yang pada saat ini melaksanakan Seminar Nasional merupakan salah satu penjabaran tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya terkait perkembangan dan peningkatan sumber daya manusia. Kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan UNCP ini diharapkan dapat mencetak mahasiswa yang berinovasi dan meningkatkan produktifitas yang berbasis riset.

IMG_3115

Dalam laporan ketua panitia Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd., yang diwakili oleh Sekertaris Seminar Nasional UNCP  Bapak Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.Pd, bahwa kegiatan semnas tahun ini terdapat sebanyak 18 perguruan tinggi yang terdaftar sebagai pemakalah, diantaranya UNIPA, Universitas Al Asyarirah Mandar, Akademi Teknik Soroako, STKIP Andi Matappa Pangkep, Politeknik Pertanian Pangkep, Universitas Muhammadiyah Parepare, STKIP Yapim Maros, STKIP Dipanegara, STIE Muhammadiyah Palopo, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja, STKIP YPUM Makassar, Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan Balik Diwa Makassar, UNCP, UNESA, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Indonesia.

IMG_3092

Sementara itu, Rektor Universitas Cokroamnoto Palopo Bapak Prof. Hanafie Mahtika, MS yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Ibu Dr. Ma’rufi, M. Pd, memberikan sambutan terkait mengenai capaian-capaian yang telah diraih oleh Universitas Cokroaminoto Palopo sebagai universitas terbaik se Luwu Raya dengan akreditasi Institusi B.

IMG_3103

Adapun jumlah peserta yang terdaftar dalam Seminar Nasional UNCP tahun 2017 sebanyak 716 peserta, yang terdiri atas 2 sesi, dimana sesi pertama akan diisi oleh 4 orang narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, MP, selaku Koordinator Kopertis  Wil. IX Sulawesi dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. Ir. A Muhibuddin, M.Si, kemudian Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc selaku Chairperson UI Grand Metric Word, selanjutnya Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si, selaku Ketua Aptisi Wil. Tana Luwu dan Tana Toraja, dan Dr. Ir. Adawiah, M.Si selaku Kepala Subdirektorat Harmonisasi Kebijakan dan Program Inovasi. Sementara sesi kedua akan diisi oleh peserta paralel yang terdiri dari mahasiswa, guru, akademisi dan praktisi.

IMG20171118102811

IMG-20171118-WA0000

@DSC_0779

Beyond National Branding

 

Twitter