Berita

UNCP Kembali Unggul sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) kembali unggul sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya pada tahun 2018 berdasarkan dari hasil pengumuman klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018 pada Agustus lalu .

Berdasarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia tahun 2018 tersebut UNCP berada pada urutan 263 dari 2010 perguruan tinggi yang dinilai dan masuk dalam kategori cluster 3. Sementara di Luwu Raya sendiri berdasarkan hasil penyusunan berdasarkan dari pemeringkatan Kemenristekdikti oleh Dr. Suaedi, M.Si. mantan Rektor UNCP Periode 2009 s/d 2017 sekaligus Ketua Asosiasi Dosen Indonesia bahwa UNCP saat ini berada pada peringkat pertama Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya.

Klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018 bertujuan untuk memudahkan Kemenristekdikti melakukan pembinaan perguruan tinggi sesuai klasternya, selain itu klasterisasi ini juga dilakukan agar masyarakat dapat menilai langsung perguruan tinggi yang dapat dipilih.

Komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi di Indonesia mencakup lima komponen utama, yaitu kualitas SDM yang mencakup persentase jumlah dosen berpendidikan S3, persentase jumlah lektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen. Kemudian, kualitas kelembagaan, yang mencakup akreditasi institusi dan program studi, jumlah program studi terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah kerja sama perguruan tinggi. Kualitas kegiatan kemahasiswaan yang mencakup kinerja kemahasiswaan.  Kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mencakup kinerja penelitian, kinerja pengabdian pada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus  per jumlah dosen, serta kualitas inovasi yang mencakup kinerja inovasi.

Rektor UNCP Prof. Hanafie Mahtika, M.S mengungkapkan bahwa pemeringkatan tersebut akan menjadi semangat serta motivasi beberapa perguruan tinggi yang ada di Luwu Raya khususnya UNCP untuk maju dan menjadi kampus yang berprestasi.

“Rangking bukanlah menjadi tujuan utama, melainkan bagaimana masing-masing perguruan tinggi khususnya di Tana Luwu mampu dan terus bersama-sama menjaga komitmen untuk meningkatkan kualitas sehingga menjadi perguruan tinggi yang berprestasi dengan beragam inovasi  yang akan menjadi keunggulan dari masing-masing perguruan tinggi” terangnya.

Twitter