Berita

TIM PKM L.S. UNCP SELENGGARAKAN WORKSHOP L.S. DI SMPN 8 PALOPO

TIM PKM Lesson Studi (L.S) UNCP sukses menyelenggarakan Workhsop Lesson Studi di SMPN 8 Palopo dengan mengangkat tema “Pemenuhan Hak Belajar Peserta Didik melalui Lesson Study Berbasis Sekolah.” Kegiatan ini merupakan Hibah Abdimas Mono Tahun dengan Skema PKM untuk tahun pelaksanaan 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 3 s/d 5 Agustus 2019 dan dihadiri oleh 52 guru SMP Negeri 8 Palopo.

WhatsApp-Image-2019-08-07-at-17.41.43

Narasumber dari Workshop ini adalah Ibu Dr. Rusdiana Junaid M.Hum., M.A., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNCP sekaligus ketua Tim PKM Lesson Study. Selain itu, Bapak Suardi, S.Pd., M.Pd., dan Ibu Rahmawati Upa, S.Pd.I., M.Pd., yang telah mengikuti pelatihan Lesson Study di Negeri Sakura (Jepang) selama sebulan, ikut berbagi pengalaman dan memberikan pendampingan bagaimana menerapkan Lesson Study di sekolah khususnya dalam proses pembelajaran.

WhatsApp-Image-2019-08-07-at-17.26.32

Materi pada kegiatan workshop Lesson Study ini adalah The History of Lesson Study, Strategi Merancang Pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS), Praktik Chapter Design, Praktik Lesson Design, Praktik Open Lesson, dan Praktik Refleksi Pembelajaran. Sedangkan yang menjadi Guru Model dalam kegiatan ini adalah Ibu Husnaini, S.Pd.I., M.Pd., untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ibu Ekha Satriany, S.Si., untuk mata pelajaran matematika.

WhatsApp-Image-2019-08-07-at-17.38.21

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengenalan dan pemahaman kepada guru bagaimana memenuhi hak belajar peserta didik. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan menggeser paradigma lama menjadi Student Learning Center yang tercipta melalui proses pembelajaran kolaboratif dan kolegial. Tim PKM Lesson Study UNCP optimis bahwa melalui kegiatan ini akan terlahir guru professional di SMP Negeri 8 Palopo.

WhatsApp-Image-2019-08-07-at-17.26.32-(1)

Kegiatan ini ditutup oleh Bapak Drs. H. Basri M., M.Pd., selaku kepala sekolah dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada tim PKM Lesson Study UNCP yang sukses menyelenggarakan Workshop, terukur dari antusiasme para guru dalam mengikuti kegiatan ini. Bahkan Beliau berkomitmen agar kegiatan Lesson Study tetap diselenggarakan di SMP Negeri 8 Palopo setiap tahunnya.

WhatsApp-Image-2019-08-07-at-17.32.39