Berita

Tim PKM Ikan Teri Kering Ponrang Fakultas Sains UNCP Lakukan Pelatihan Pengemasan Produk.

Kamis (28/6/2018),tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) usaha ikan teri ponrang Fakultas Sains UNCP yang merupakan pemenang hibah PKM kemenristekdikti tahun 2018 telah melaksanakan kegiatan pelatihan pengemasan pada produk ikan teri kering di desa mario-tirowali kec. Ponrang kab. Luwu. Kegiatan pelatihan ini merupakan follow up atau lanjutan dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan yang dilaksanakan pada bulan april yang lalu.

Dalam kegiatan tersebut, tim PKM yang diketuai oleh Muhammad Nur Alam bersama anggota tim yang lain melatih secara langsung mitra pengabdian yang merupakan pengusaha ikan teri kering tentang cara mengemas produk ikan menggunakan alat vakum seal. Pada proses pengemasan, ikan teri ditimbang terlebih dahulu kemudian dimasukkan dalam plastik vakum sesuai dengan ukuran berat ikan teri kering. Tim PKM menjelaskan tentang cara pengoperasian alat vakum seal yang selanjutnya akan dihibahkan kepada pihak mitra pengabdian. Selain alat vakum seal, tim PKM juga menghibahkan plastik vakum, plastik kemasan standing pouch, plastik kemasan model bantal, dan kemasan plastik ukuran besar masing-masing sebanyak ±100 lembar. Selain itu, sesuai dengan permintaan pihak mitra TIM PKM juga memberikan plastik bening biasa sepanjang 15 meter sebagai penutup sementara untuk ikan yang belum dikemas.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 6 orang pengusaha ikan teri kering yang tergabung dalam kelompok pengusaha ikan teri yang merupakan pihak mitra. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti arahan-arahan dari pemateri pelatihan pengemasan. Menurut salah satu peserta, pelatihan seperti ini baru mereka dapatkan dan sebenarnya telah lama menantikan adanya pihak-pihak terpelajar yang menjelaskan dan mengajari bagaimana cara mengemas produk ikan teri. Sebagian pembeli tidak berminat membeli ikan teri kami, khususnya pembeli kalangan menengah ke atas karena ikannya sangat berbau ketika di dalam kendaraan”lanjutnya.  

Selain melakukan pelatihan pengemasan, tim PKM juga melanjutkan perjalanan menuju kantor Departemen Kesehatan Kab.Luwu untuk melakukan pendampingan dalam pengurusan PIRT produk. Dalam kesempatan tersebut, tim PKM dan pihak mitra mengambil formulir dan mendapatkan penjelasan tentang mekanisme pengurusan PIRT serta membuat perjanjian tentang jadwal pengauditan produk ikan teri kering yang akan dilakukan oleh auditor dari Depkes Kab . Luwu. Sebagai langkah awal, pihak Depkes meminta kepada pihak pengusaha untuk bersurat kepada Kepala Departemen Kesehatan Kab. Luwu terkait permintaan jadwal dan auditor.

Twitter