Berita

TIM DOSEN PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNCP BERIKAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) kembali menunjukkan kontribusi nyata dalam bidang Pendidikan di Kota Palopo. Melalui Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemenristekdikti, Tim Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UNCP) memberikan pelatihan untuk guru Bidang Studi Biologi di Kota Palopo. Kegiatan pelatihan ini diberi nama “PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT bagi Kelompok Guru Bidang Studi Biologi Kota Palopo.” Jenis kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran Biologi.

Foto1

Kegiatan ini diinisiasi langsung oleh Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNCP, Saparuddin, S.Pd., M.Pd., beserta dua anggotanya; Charmilasari, S.S., M.Hum., dan Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc., ini berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 2 s/d 4 Agustus 2019. Ketika ditanya mengenai tujuan dan manfaat dari kegiatan ini, Saparuddin, S.Pd., M.Pd., mengemukakan “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat alat peraga pembelajaran Biologi hingga nanti alat peraga yang dihasilkan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas.”

Foto2

Pemberian materi dimulai setelah dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UNCP), Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A. Terdapat lima materi yang disajikan oleh Tim Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNCP dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Cokroaminoto Palopo ini. Kegiatan tersebut mulai dari pembuatan Herbarium oleh Khaerati, S.Pd., M.Pd., dan Sukmawati Syam, S.Si., M.Pd., Insektarium oleh Ridha Yuliani Wardi, S.Pd., M.Pd., Taksidermi oleh Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc., Torso/Model oleh Mutmainna Ekawati, S.Pd., M.Pd., dan Eva Sohriati, S.Pd., M.Pd., serta Alat Peraga Portabel oleh Saparuddin, S.Pd., M.Pd., dan Fitrah Al Anshori, S.Pd., M.Pd. “Setelah pemberian lima materi dari Tim, kami menargetkan manfaat nyata bagi para guru yang ikut dalam pelatihan ini yaitu mampu membuat dan menggunakan salah satu atau bahkan semua alat peraga yang dilatihkan dalam proses pembelajaran mereka nanti di kelas”, ungkap Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc., setelah memberikan materi tentang pembuatan Taksidermi. Senada dengan Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc., Charmilasari, S.S., M.Hum., selaku anggota pelaksana juga menambahkan harapannya “Semoga materi yang telah dilatihkan bermanfaat bagi guru, dapat diaplikasikan dalam pembelajaran, serta berdampak positif dalam proses belajar mengajar.”

WhatsApp-Image-2019-08-09-at-11.44.55

Para peserta yang terdiri dari Guru-guru Biologi SMA se-Kota Palopo, sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti materi dari hari pertama sampai hari terakhir. Drs. Siswo Edy Nugroho, selaku Ketua MGMP Biologi SMA Kota Palopo mengungkapkan “Kegiatan seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi guru.” Bapak yang juga menjadi mitra dalam kegiatan ini begitu mengapresiasi dan menyampaikan harapannya terkait peningkatan kompetensi guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. “Baiknya kegiatan positif semacam ini diselenggarakan secara berkala,” pungkasnya.

Foto3