Berita

MORAL 2017:Talk Show Penanggulangan Radikalisme, Terorisme, Narkotika, Anti Korupsi dan Plagiarisme

UNCP. Palopo. Dihari kedua Masa Orientasi Akademik dan Kelembagaan (MORAL) mahasiswa baru Universitas Cokroaminoto Palopo  tahun ajaran 2017/2018 menghadirkan Talk Show seputar penanggulangan radikalisme,  terorisme, bahaya penyalagunaan narkotika, anti korupsi dan plagiarisme.

  Bertindak sebagai MC dalam Talk Show ini adalah Hairil Al Fajri seorang professional trainer dan direktur dari Macca Indonesia Foundation (MIND) yang sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Cokroaminoto Palopo sejak MORAL 2016 lalu. Selain itu, Talk Show ini juga menghadirkan tokoh yang ahli terkait materi yang dibahas, mereka adalah Kasat Binmas Polres bapak AKP. Marten SR., yang membahas mengenai bahaya dan pencegahan radikalisme, adapun perwakilan dari Dandim Palopo Mayor Inf. Marthinus Pangasing yang juga menjabat Pabung Luwu  Kodim 1403 membahas mengenai terorisme dan upaya untuk mencegah mahasiswa terlibat dalam terorisme.

Selain kedua tokoh tersebut, panitia MORAL juga mengundang seorang Psikolog yaitu bapak Mansur Said, S.Psi dan Andi Werru S.H. yang mewakili BNN, keduanya membahasa mengenai bahaya narkotik bagi generasi muda dan kiat agar mahasiswa tidak terjerumus dalam dunia narkotika yang saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi bangsa Indonesia. Sementara untuk bahasan anti korupsi dan plagiarism, bertindak sebagai pembicara adalah bapak rektor Universitas Cokroaminoto Palopo Dr. Suaedi, S.Pd.,M.Si. yang dalam uraiannya menghimbau mahasiswa untuk menjauhi plagirisme atau mencontek karena hal tersebut merupakan cikal bakal korupsi.  

Talk Show ini merupakan materi akhir dari rangkaian materi yang diberikan kepada mahasiswa baru dihari kedua MORAL 2017 Universitas Cokroaminoto Palopo. Talk Show ini sangat menarik dan diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa baru pada MORAL 2017 ini. Antusiasme mahasiswa juga terlihat dari banyaknya yang mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Panitia MORAL 2017 menyampaikan bahwa materi ini diberikan sebagai penambah wawasan, pengetahuan dan untuk menanamkan kesadaran kepada seluruh mahasiswa baru agar menjauhi hal-hal negatif tersebut.

Diakhir acara, seluruh pembicara menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa tugas utama yang harus dilakukan adalah belajar dan belajar, serta menanamkan pola pikir yang kuat dan tidak mudah dipengaruhi, menjauhi narkotika dan menjadi generasi panutan.*

 

 

Twitter