Berita

SEMNAS FKIP UNCP: LITERASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo (FKIP UNCP) selenggarakan Seminar Nasional Daring dengan mengangkat tema "Penguatan Literasi Pembelajaran Daring di Era New Normal."  Seminar terbagi dua sesi, Selasa dan Rabu (29-30 September 2020) yang berlangsung melalui Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube UNCP. Tercatat 2892 pendaftar yang berasal dari mahasiswa, dosen, guru, praktisi dan umum.

semnass

Narasumber seminar sebanyak 9 orang, diantaranya Drs. Nur. Widodo, M.Kes (Video Pembelajaran untuk Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah), Dr. Ma’rufi, M.Pd (PCK dan LS: What Make Them Special?), Dr. Muhammad Ikram, M.Pd (Peluang Penelitian tentang Penalaran Matematis), Prof. Dr. Eri Sarimanah. M.Pd (Literasi Edukasi), Dr. Emawulan Syaodih. M.Pd (Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0), Dr. Edi Wahyono M.Hum (Strategi Membaca Efektif) dan Dr. Muhammad Hasby, M.Pd (Belajar yang Menyenangkan di Masa Pandemi).

 rusd

Kegiatan seminar dibuka oleh Dekan FKIP UNCP Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A. Dalam sambutannya beliau menyikapi terkait perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran dalam kondisi pandemi. Merespon kondisi yang masih berproses menuju kehidupan baru dengan menyesuaikan situasi pandemi yang masih melanda saat ini. Kehidupan manusia tetap terus berjalan terutama dalam dunia pembelajaran, sehingga diperlukan solusi terbaik mengatasi situasi pandemi. “Harapan kami seminar ini dapat memperluas wawasan, khususnya dalam pembelajaran di Era New Normal,” tuturnya.

zoom-semnas

Pembelajaran online sudah menjadi suatu keharusan dimasa pandemi. Kondisi ini menghadirkan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan, sehingga guru, dosen dan siswa harus terbiasa dalam pemanfaatan teknologi revolusi industri 4.0 demi kelancaran pembelajaran daring. Pandemi ini tentu menjadi refleksi bagi dunia pendidikan untuk merespon segala tekanan dan tantangannya.

Twitter