Berita

Seminar dan Lokakarya Evaluasi Lesson Study

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melaksanakan Seminar dan Lokakarya Evaluasi Lesson Study. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula E Kampus I Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) dengan yang dibuka secara resmi oleh Rektor UNCP, Dr. Suaedi, M.Si. Pada kesempatan tersebut, beliau mengungkapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan lesson study selama 3 tahun dan berharap agar kedepannya kegiatan lesson study dikembangkan khususnya di program studi baru. Beliau mengungkapkan “pemerintah daerah akan menjalin kerja sama dengan UNCP untuk membangun satu konsep pembelajaran” . Selain kegiatan Lesson study yang dikembangkan oleh FKIP, UNCP juga menjalin kerja sama dengan USAID PRIORITAS sehingga Kedua kegiatan tersebut saling melengkapi.

(Rektor)

Seminar dan Lokakarya Evaluasi Lesson study tersebut menghadirkan narasumber Sumar Handayana, Ph.D, Fajar Priyautama, dan Yulita Priyoningsih.  Dekan FKIP, Dr Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A selaku penanggung jawab lesson study mengucapkan banyak terima kasih atas pengimplementasian kegiatan lesson study yang merupakan salah satu program utama dari FKIP yang telah dilaksanakan selama 3 tahun. . Beliau mengungkapkan “UNCP salah satu dari 10 Universitas yang memperoleh dana dari DIKTI terkait dengan pengembangan lesson study dengan tujuan meningkatkan proses pembelajaran sebagai hasil peningkatan kualitas guru dan dosen”. Kemudian beliau menambahkan “pada tahun pertama kegiatan lesson study hanya dilaksanakan di 4 program studi dibawah naungan FKIP, tahun kedua kegiatan lesson study di implementasikan di Fakultas Sains dengan dua program studi dan pada tahun ketiga sudah menjalin kerja sama dengan dua sekolah mitra, yaitu SMP Cokroaminoto Palopo dan SMP Negeri 3 Palopo”.  Lesson study dinilai sangat baik dikarenakan adanya perencanaan Design Pembelajaran dan diskusi tentang apa yang perlu diperbaiki serta share pengalaman dari dosen model dan guru model.

Kedepannya Perluasan lesson study bukan hanya difokuskan pada dua sekolah mitra tersebut tetapi akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah di Kota Palopo. Dekan FKIP juga memaparkan tentang hasil evaluasi dari kegiatan lesson study tersebut, diperoleh informasi bahwa kegiatan lesson study dapat meningkatkan proses pembelajaran dan tercipta pembelajaran yang kolaboratif.

Twitter