Berita

Pusat Studi SIG UNCP Sukses Gelar Workshop Ekspolarasi Geomagnet.

UNCP – Pusat Studi Sistem Informasi Geografis (SIG) UNCP sukses menggelar Workhshop Eksplorasi Geomagnet di Laboratorium FTKOM UNCP pada Sabtu (22/12/2018).

Kegiatan yang diinisisasi oleh Pusat Studi SIG bekerjasama dengan FTKOM dan Program Studi Fisika Sains UNCP yang dibawakan oleh Ketua Pusat Studi SIG UNCP Aryadi Nurfalaq, S.Si.,M.Sc. dan Ketua Program Studi Fisika Rahma Hi Manrulu, S.Si.,M.Sc tersebut mengimpelementasikan magnetometer dan diisi dengan materi Geofisika sebagai pendukung kompetensi mahasiswa.

8

Rahma Hi Manrulu, S.Si.,M.Sc mengatakan bahwa “melalui kegiatan ini kami berharap mahasiswa memperoleh motivasi dan bekal pengetahuan dasar dalam menggunakan alat survey. Peserta dalam kegiatan ini tetap secara terbuka melibatkan mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo yang ingin meningkatkan pengetahuannya dibidang survey dan pemetaan” ucapnya.

“Kompetensi mahasiswa tidak akan berkembang jika tanpa kepedulian mengembangkan dirinya sendiri dan juga kepedulian dari pihak pendidik (dosen) itu sendiri. Maka inilah yang menjadi alasan mendasar kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk upaya memberikan pengetahuan tambahan kepada mahasiswa. Agar dikemudian hari ilmu tersebut dapat diimplementasikan dalam hal kebaikan. Karena secara sadar kompetensi ini akan sangat dibutuhkan dalam dunia keteknikan. Apalagi dilihat dari orientasi kerjanya nanti setelah kompeten maka sangat terbuka luas. Seperti profesi konsultan survey dan pemetaan dalam perusahaan swasta yang bergerak dibidang ekplorasi sumber daya alam. Terlebih lagi dalam pemenuhan kebutuhan data spasial pada instansi terkait seperti BIG, BPN, BNPB, BPBD, Bappenas, Bappeda dan seterusnya. Maka diharapkan mahasiswa dapat memahami pentingnya ilmu tersebut minimal dari kegiatan ini timbul motivasi baru yang akan berubah menjadi besar” ucapnya.

Pelaksanaan Worshop dilakukan sehari penuh karena dalam prosesnya dilakukan praktek pengambilan data (fiel trip) sampai pada pengolahannya. Dengan demikian peserta akan memperoleh pengetahuan secarah menyeluruh dan terintegrasi dari kegiatan-kegiatan pelatihan sebelumnya.

 

Twitter