Berita

Program Studi Informatika Kunjungan Studi di LAPAN Parepare

Baru-baru ini tepatnya tanggal 11 Desember 2017, Program Studi Informatika mengadakan kunjungan ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pare-pare. Mahasiswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar terbilang sangat besar. Namun berdasarkan seleksi yang dilakukan, maka terpilih 26 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Peserta berasal dari masing-masing perwakilan kelas pada mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dianggap kompeten. Kegiatan didampingi oleh Bapak Aryadi Nurfalaq, S.Si., MT., Bapak Zulfiqar Busrah, S.Si., M.Si. Bapak Feri Fadli, S.Si., M.Pd. dan Bapak Andi Jumardi, S.Pd., M.Pd. selaku pengampuh mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) dari masing-masing kelas.

Kegiatan diawali dengan pegenalan LAPAN kepada seluruh peserta, baik dosen maupun mahasiswa. Kegiatan berlangsung selama 30 menit. Dilanjutkan dengan kunjungan ke gedung akuisisi data (perekaman data), mahasiswa diperkenalkan dengan cara perekaman dan digitasi data. Selanjutnya kunjungan terakhir dilakukan pada gedung analisis dan pemprosesan data. Antusias peserta dalam hal ini mahasiswa, sangat tinggi. Mahasiswa dengan seksama memperhatikan setiap penjelasan dan alat-alat yang diperkenalkan. Tak sedikit pertanyaan yang terlontar dari peserta studi lapang tersebut. Keingintahuan yang tinggi dari mahasiswa studi lapang, menjadi kepuasan tersendiri bagi dosen pengampuh mata kuliah.

“Tujuan kami dalam melaksanakan studi lapang ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa tentang cara perekaman data dan pengolahan data, yang mungkin tak bisa kami lakukan di dalam kampus. Harapannya, sepulang dari LAPAN mahasiswa lebih mudah dalam menginterpretasi data. Sehingga saya begitu mengapresiasi setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa yang tak lain berasal dari ketidaktahuannya”. Ujar Bapak Aryadi Nurfalaq, S.Si., MT. selaku salah satu dosen pengampuh mata kuliah sekaligus Ketua Pusat Studi Sistem Informasi Geografis (SIG).

“Kunjungan ini juga kami jadikan sebagai penjajakan untuk kegiatan rutin akademik di Fakultas Teknik Komputer, yaitu Praktik Dunia Kerja (PDK) yang dilakukan kurang lebih selama satu bulan”. Tambah Bapak Feri Fadli, S.Si., M.Pd. juga selaku salah satu dosen pengampuh mata kuliah SIG.

index1_11

 

Twitter