Berita

Prodi Bahasa Inggris UNCP Menggelar Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Berbasis Lesson Study

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dengan tema “Pengembangan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Magang III Melalui Kegiatan Lesson Study Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo” di Aula E Kampus 1 UNCP pada Sabtu (10/2/2018).

Kegiatan PPM dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bidang Akademik Muh. Affan Ramadhana, S.Pd., M.Pd. yang memberikan apresiasi kepada seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan seperti ini “Terimakasih kepada seluruh panitia atas terlaksananya kegiatan PPM ini, dimana kegiatan ini berangkat dari pelaksanaan Magang III yang nantinya akan berubah menjadi Pengalaman Lapangan Persekolahan yang mencoba menerapkan apa yang telah dipelajari dibangku perkuliahan meliputi media pembelajaran, metodologi pembelajaran, serta materi-materi yang terkait mengenai pembelajaran Bahasa Inggris yang nantinya akan diterapkan kedalam dunia nyata. Kegiatan ini adalah persiapan mempersiapkan diri untuk terus belajar serta mempersiapkan materi  dengan mengembangkan metode pembelajaran dan cara mengembangkan materi berbasis lesson study dimana keunggulan FKIP UNCP sendiri adalah menjadi salah satu pionir dalam kegiatan Lesson Studi. Harapannya semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal untuk seluruh mahasiswa  dalam mengembangkan media serta metode pembelajaran untuk terus meningkatkan proses pembelajaran didalam kelas” terangnya.

_DSC0008

Berdasarkan informasi dari ketua panitia Reski Yusrini Islamiah Yunus, S.Pd.,M.Pd. bahwa jumlah peserta PPM sebanyak kurang lebih 50 orang dari mahasiswa Prodi Bahasa Inggris yang sedang memprogram Magang III di sekolah, adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan kepada seluruh peserta Magang III yang akan melaksanakan kegiatan Lesson Studi dimana Program Lesson Study sendiri merupakan program unggulan dari FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo.

_DSC0007

Seluruh peserta kegiatan PPM tersebut akan menerima beberapa materi dari berbagai narasumber yang telah memiliki pengalaman pembelajaran dengan menggunakan Lesson Studi baik dalam maupun luar negeri, Adapun materi yang dibawakan meliputi materi Etika Mengajar yang dibawakan oleh Reski Yusrini Islamiah Yunus, S.Pd.,M.Pd, Tsamratul’aeni, S.S.,M.Hum, dan Musfirah, S.S.,M.Hum, materi Metode Pembelajaran dibawakan oleh Juwita Chrestiani, S.Pd.,M.Pd, Syamsinar, S.Pd.,M.Pd dan Abdullah Syukur, S.Pd.,M.Pd, materi  Media Pembelajaran dibawakan oleh Opik Dwi Indah, S.Pd.,M.Pd, Hermini, S.Pd.,M.Pd, dan Andi Mangnguntungi , S.Pd.,M.Pd, materi  Pengenalan Kurikulum dibawakan oleh M.Affan Ramadhan, S.Pd.,M.Pd, materi Classroom Management dibawakan oleh Musliadi, S.Pd.,M.Pd dan Suhardi, S.Pd.,M.Pd, ,materi Asesmen dan Evaluasi dibawakan oleh Rahmawati Upa, S.Pd.,M.Pd, Fibri Indira Lisanty, S.Pd.,M.Pd, serta materi Pengenalan Lesson Study yang dibawakan oleh Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum.,M.A, Sri Damayanti, S.S.,M.Hum, dan Suardi, S.Pd.,M.Pd.

_DSC0038

_DSC0020

_DSC0095

_DSC0040

_DSC0072

 

 

Twitter