Berita

PGSD UNCP Membangun dan Merekonstruksi Sistem Pengelolaan Jurnal melalui sebuah Pelatihan

Jurnal dan publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator penting dalam perkembangan keilmuan. Aktifitas penelitian atau kegiatan ilmiah seacara umum, biasanya menuntut publikasi sebagai salah satu bentuk laporan dan presentasi hasil penelitian. Hal ini tentunya sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Bertempat di Aula E Kampus 1 UNCP pada (3/2/2017) Program Studi Pendidikan Guru Dasar menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal dan Publikasi Ilmiah yang dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bidang Kemahasiswaan Dr. Sehe, M.Pd, Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bidang Akademik Muh. Affan Ramadhana, S.Pd., M.Pd, serta seluruh pengelola jurnal lingkup UNCP dari berbagai program studi dalam ruang lingkup UNCP.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNCP Prof. Hanafie Mahtika, MS yang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada PGSD atas terselenggaranya kegiatan ini mengingat pentingnya publikasi ilmiah dalam perkembangan keilmuan para peneliti/penulis. Harapannya, dengan pelatihan ini outpunya adalah seluruh peserta dapat mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dari pelatihan pada hari ini, sehingga kedepan seluruh pengelola jurnal yang ada di UNCP lebih mudah dalam mempublikasikan jurnal ilmiah melaui sebuah publikasi yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

_DSC0007

Berdasarkan informasi dari ketua panitia Muhammad Mirza Fatahullah, M.Pd “Kegiatan pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah ini diharapkan menjadi ajang untuk membangun dan merekonstruksi kembali sistem pengelolaan jurnal di masing-masing program studi dalam ruang lingkup UNCP” ungkapnya.

_DSC0004

Seluruh peserta dalam pelatihan pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah tersebut dibekali dengan materi Pengelolaan Open Journal Sistem (OJS) yang dibawakan oleh  Nahrun Hartono, S.Kom., M.Kom yang merupakan Direktur Teknologi Informasi UNCP dan materi How to Prepare Ajournal to be Indexed in DOAJ yang dibawakan oleh Muh. Affan Ramadhana, S.Pd., M.Pd.

_DSC0001

_DSC0013

_DSC0005

 

Twitter