Berita

PERINGATI HARI POHON 2019 MAHASISWA KONSENTRASI SIG LAKSANAKAN PENANAMAN POHON “TANAM KENANG”

Dalam rangka memperingati Hari Pohon 2019, mahasiswa Konsentrasi Sistem Informasi Geografis (SIG) FTKOM UNCP melaksanakan Penanaman Pohon “Tanam Kenang.” Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu, 24 November 2019 bertempat di Kawasan Wisata GAPOKTANHUT Tandung Billa Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Konsentrasi SIG FTKOM UNCP dengan Gabungan Kelompok Tani Hutan Tandung Billa. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Konsentrasi Sistem Informasi Geografis FTKOM UNCP Aryadi Nurfalaq, S.Si., M.T., yang didampingi oleh beberapa Dosen FTKOM UNCP. Turut pula hadir dalam kegiatan tersebut Masyarakat yang tergabung dalam GAPOKTANHUT Tandung Billa selaku mitra.

Koordinator Lapangan Penanaman pohon “Tanam Kenang” Jasmal mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pohon 2019. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Satu Pohon Berjuta Manfaat”. Lebih lanjut mahasiswa konsentrasi SIG semester V ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini yaitu pihak UNCP dalam hal ini Fakultas Teknik Komputer, GAPOKTANHUT Tandung Billa Kelurahan Battang serta rekan-rekan mahasiswa yang sangat antusias menyukseskan kegiatan ini.

FOTO-SIG-2

Disela-sela penanaman pohon, Ketua GAPOKTANHUT Tandung Billa mengungkapkan bibit pohon ini disediakan oleh GAPOKTANHUT Tandung Billa sebanyak 100 bibit buah yang terdiri dari beberapa jenis pohon buah seperti bibit alpukat dan bibit mangga. Lahan yang dijadikan lokasi penanaman merupakan kawasan wisata yang diproyeksikan akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kota Palopo. Lebih lanjut Beliau menjelaskan, Program Tanam Kenang ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesinambungan penanaman dimana bibit yang telah ditanam diberikan label Nama dan nomor kontak si penanam supaya para petani yang merawat pohon dapat mengingatkan kepada pada penanam.

Ketua Konsentrasi SIG FTKOM UNCP Aryadi Nurfalaq, S.Si., M.T., yang hadir mendampingi mahasiswa dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa Konsentrasi SIG ini sebagai sarana untuk menunjukkkan eksistensi mahasiswa di masyarakat sekitar. Lebih lanjut Dosen Fakultas Teknik Komputer ini menambahkan, kedepannya kegiatan semacam ini akan terus digalakkan.

FOTO-SIG-3