Berita

PENDAMPINGAN TENANT PPK FKIP TAHUN KEDUA

Program Pengembangan Kewirausahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo mengadakan pendampingan tenant PPK FKIP tahun kedua diantaranya seleksi tenant, sosialisasi PPK FKIP UNCP, pengemasan produk, workshop bisnis plan, dan pendampingan manajemen pemasaran. Seleksi tenant dan sosialisasi PPK FKIP UNCP berlangsung pada bulan Maret bertempat di ruang Pascasarjana Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Untuk pengemasan produk pada tanggal 18 Mei 2019 di ruang Inkubasi PPK Universitas Cokroaminoto Palopo. Kemudian, untuk workshop bisnis plan dan pendampingan manajemen pemasaran pada tanggal 20 April 2019 di ruang Multimedia Universitas Cokroaminoto Palopo. Kegiatan ini diikuti oleh para tenant yang berasal dari warpen miniature, warpen kuliner, warpen tata rias, warpen literasi, dan warpen senam.

WhatsApp-Image-2019-07-09-at-11.30.04

Dalam kegiatan PPK FKIP UNCP tersebut terdapat gabungan tenant mahasiswa dan alumni dari enam program studi dalam lingkup FKIP, yaitu PPKn, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tenant ini menjadi wirausaha baru yang mandiri berbasis iptek melalui program yang terintegrasi dengan melibatkan dosen dan narasumber. Kegiatan program ini diharapkan memberikaan pengetahuan kewirausahaan, mendorong tumbuhnya motivasi berwirausaha, meningkatkan pemahaman manajemen organisasi dan manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan membuat rencana bisnis.

WhatsApp-Image-2019-07-09-at-11.30.18

Program PPK FKIP UNCP yang diketuai oleh Dr. Ma’rufi, M.Pd., dengan anggota Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd., Aswar Anas, S.Pd., M.Pd., dan Reski Yusrini Islamiah Yunus, S.Pd., M.Pd. Tim ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemenristekdikti, LLDIKTI, UNCP, Kalangan Industri dan semua pihak yang terkait atas dukungan moril dan materil maupun finansial sehingga program ini terealisasi sesuai yang telah direncanakan. Ketua tim mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan wirausaha yang menghasilkan produk dari karya tenant, sehingga melalui kegiatan program ini melahirkan potensi inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa dan alumni. Dalam sambutannya disalah satu kegiatan PPK FKIP ini, Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo Prof. Drs. Hanafie Mahtika, M.S., sangat mengapresiasi berbagai pihak khususnya kepada tim pelaksana PPK FKIP, mahasiswa, dan alumni yang turut memberi andil yang signifikan sehingga mampu melahirkan wirausaha baru, mandiri, dan berbasis iptek. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen, narasumber, mahasiswa, alumni yang telah berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk menyukseskan program ini.

WhatsApp-Image-2019-07-09-at-11.26.18

Seleksi  tenant melibatkan tim pelaksana PPK FKIP UNCP melalui kegiatan wawancara secara langsung dan pengisian biodata dan pemaparan deskripsi rencana kegiatan tenant masing-masing. Sosialisasi program PPK FKIP UNCP dihadiri oleh para dosen, tenant, dan pemateri serta segenap unsur prodi dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.

WhatsApp-Image-2019-07-09-at-11.43.30

Pendampingan pengemasan produk berlangsung di ruang Inkubasi PPK FKIP UNCP turut hadir semua tenant dengan fasilitator atau pemateri yaitu Sukarti, S.Si., M.Si., Nurmalasari, S.Si., M.Sc., dan Aswar Anas, S.Pd., M.Pd. Workshop bisnis plan oleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd. dan M. Rusli, S.Pd., M.Pd. Pendampingan manajemen pemasaran berlangsung di ruang Multimedia UNCP oleh Dr. Indrabayu, S.T., M.T., M.Bus., dan Dr. Ma’rufi, M.Pd.

WhatsApp-Image-2019-07-09-at-11.53.57