Berita

PEMBUKAAN ICONSS II 2019 UNCP BERLANGSUNG MERIAH DAN SUKSES

PALOPO – Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menggelar International Conference on Natural and Social Sciences yang kedua (ICONSS II) dengan tema “The Future of Local Wisdom in the Era of Industrial Revolution 4.0” di New Hotel Palopo pada Jumat 13 September 2019 yang berlangsung meriah dan sukses.

Seminar Internasional di New Hotel Palopo tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Bapak Drs. H. Baharuddin beserta Badan Pengurus Harian, Rektor UNCP Bapak Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, M.S., beserta Wakil Rektor dalam lingkup UNCP., Walikota Palopo yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Bapak Dr. Ishaq Iskandar, M.Kes., Keynote Speaker Bapak Prof. Dr. Jasruddin, M.Si (Kepala LLDIKTI Wil.9 Sulawesi dan Gorontalo), Invited Speaker dari Victoria University Wellington New Zaeland, Bapak Prof. John Mecalister, B.A., M.A., Ph.D., Invited Speaker dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Bapak Prof. James Thomas Collins, B.A., M.A., Ph.D., Invited Speaker dari Monash University Australia, Bapak Dr. Raqib Chowdhury, B.A., M.A., M.Ed., Ph.D., Invited Speaker dari Taylor University Malaysia, Ibu Prema Ponnudurai, B.A., M.TESL., dan Invited Speaker dari Universitas Gajah Mada Indonesia, Bapak Prof. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum., Ph.D of Art.

DSC_1535

DSC_1547

Kegiatan ini diawali dengan Laporan Ketua Panitia Ibu Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.A. Kemudian Sambutan Rektor UNCP Bapak Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, M.S. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda 2 tahunan UNCP yang diharapkan kegiatan bertaraf internasional ini dapat dijadikan forum diskusi bagi para akademisi dan peneliti dari berbagai bidang keilmuan di era revolusi industri 4.0.

DSC_1555

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wali Kota Palopo yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Bapak Dr. Ishaq Iskandar, M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Wali Kota Palopo karena tidak sempat menghadiri acara ini. Pesan beliau bahwa agar kegiatan-kegiatan seperti ini bisa lagi dilakukan di Kota Palopo karena itu akan membawa peningkatan kualitas SDM pada masyarakat Kota Palopo.

“Selaku pemerintah daerah Kota Palopo, saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia dan para penyelenggara yang melaksanakan kegiatan ini sehingga banyak pihak yang akan mengambil manfaat. Kegiatan ICONSS ini memberikan peluang kepada para akademisi dan praktisi untuk memaparkan hasil penelitiannya berkenaan dengan kedudukan kearifan lokal di era revolusi industri yang identik dengan pemanfaatan teknologi di berbagai kehidupan. Harapannya kegiatan ini mampu mendorong terselenggaranya sebuah forum untuk mendisiminasikan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan yang menjadi pelopor untuk membangun jaringan dan kerjasama yang melibatkan berbagai pihak dari belahan dunia untuk kepentingan pembangunan dan pemeliharaan kearifan lokal,” Ungkapnya.

DSC_1587

DSC_1645

DSC_1678

Rangkaian kegiatan ICONSS ini terdiri dari 5 sesi yaitu sesi pertama Pembukaan. Sesi kedua Keynote Speaker oleh Bapak Prof. Dr. Jasruddin, M.Si (Kepala LLDIKTI Wil.9 Sulawesi dan Gorontalo) dengan judul makalah “The Dynamics of Local Wisdom in Digital Era.” Sesi ketiga Invited Speaker I oleh Bapak Prof. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum., Ph.D (UGM Indonesia) dengan judul makalah “Indonesian Local Wisdom and Challenges of the Industrial Revolution 4.0 in the Perspective of Intercultural Philosophy.” Sesi keempat Invited Speaker II oleh Bapak Dr. Raqib Chowdhury (Faculty of Education, Monash University Australia) dengan judul makalah “Local Epistemologies in the Provision of Social Justice in Education: A Case for Indonesia.” Dan sesi kelima Parallel Session I, II dan III.

DSC_1592

DSC_1603