Berita

Mahasiswa PGSD UNCP Kunjungi SLBN 1 Palopo, Implementasi Mata Kuliah PABK

PALOPO - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cokroaminoto Palopo melakukan kunjungan ke salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di kota Palopo tepatnya di SLB Negeri 1 Palopo, Sabtu 27 Mei 2023.

pgsdd7

Sebanyak 65 mahasiswa semester 6 kelas A dan B didampingi dosen pengampu Mata Kuliah Opik Dwi Indah, S.Pd., M.Pd., dan Juwita Crestiani M, S.Pd., M.Pd. ikut dalam kunjungan tersebut yang merupakan salah satu implementasi mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PABK).

Ketua Prodi PGSD, Iin Dwi Aristy Putri, S.K.M., M.Kes. yang turut bergabung dalam kunjungan tersebut berharap kedepannya kegiatan ini dapat terus terlaksana. Beliau juga memberi saran kepada tim Pengelola Magang FKIP UNCP agar dapat mempertimbangkan sekolah khusus ini menjadi sekolah mitra pada kegiatan magang.

"Terkhusus bagi mahasiswa di prodi PGSD yang memiliki mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (kurikulum lama), dan Pendidikan Inklusi (kurikulum baru). Mereka dapat memilih/dipilih untuk mengikuti magang di sekolah tersebu," tuturnya.

pgsdd

Kunjungan tersebut diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu belajar mahasiswa prodi PGSD, dimana mereka belajar bukan secara teori saja, tetapi secara langsung melihat dan mengamati proses pembelajaran di sekolah yang khusus menangani siswa berkebutuhan khusus.

Kepala SLBN 1 Palopo, Hariati, S.Pd., M.Pd. menyambut baik kegiatan ini. Ia juga memberi ruang bagi mahasiswa yang ingin mengajar maupun melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Begitu juga dengan para guru yang hadir, merespon positif kegiatan ini.

pgsdd-6

Ramla Rundu Padang, salah mahasiswa yang ikut dalam kunjungan tersebut menuturkan bahwa mahasiswa antusias mengikuti kegiatan tersebut.

pgsddd3

“Dari kegiatan ini kami mendapat pengalaman baru sekaligus ilmu yang sangat berkesan, sebab kami dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembelajaran dikelas ABK yang sebelumnya hanya kami pelajari secara teori saja, " tuturnya.

Lebih lanjut, dia berpesan kegiatan ini dapat terus dilakukan sehingga kualitas pendidikan mahasiswa PGSD semakin unggul karena dapat mengajar bukan hanya siswa biasa/umum saja tetapi juga siswa yang memiliki keistimewaan/kebutuhan khusus.

pgsdd-4

Sebagai bentuk apresiasi, para mahasiswa membagikan parcel kepada siswa. Akhir kata, para dosen yang berkolaborasi dalam kegiatan ini merasa puas dan berterima kasih kepada para pimpinan universitas, FKIP, dan juga prodi PGSD UNCP atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Tak lupa pula ucapan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang ada di SLBN 1 Palopo.

Twitter