Berita

Mahasiswa Matematika Fak. Sains Latih Masyarakat Maroanging Buat HIU REBUS

Baru-baru ini, mahasiswa program studi Matematika Fakultas Sains Uncp gelar pelatihan pembuatan hiasan Unik dari limbah pembungkus rokok (HIU REBUS) bagi Kelompok Dasawisma Kelurahan Maroanging, Kamis, 27 April 2017 bertempat di Kantor Kelurahan Maroanging. Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini terlaksana berkat kerjasama dengan Kelurahan Maroanging Kecamatan Kota Palopo.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dan realisasi dari diterimanya 2 judul penelitian mahasiswa Matematika Sains dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tahun ini, sebanyak 11 Tim yang lolos Pendanaan dari Menristek Dikti, 2 Tim diantaranya berasal dari Program Studi Matematika masing-masing Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH).

Mengangkat judul HIU REBUS (Hiasan Unik dari Pembungkus Rokok) Pelatihan Pengolahan Limbah Pembungkus Rokok Bagi Kelompok Dasawisma Kelurahan Maroanging, Asrikawati (Ketua Tim), Iswan (anggota) dan Yuswanda (anggota) serta Asrirawan, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing berhasil meyakinkan Tim Reviewer dari Kementristek Dikti.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 peserta (Ibu-Ibu) Kelompok Dasawisma dan dibuka langsung oleh Kepala Lurah Maroanging, Bapak Juhamin, SE. Dalam sambutannya belia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kelurahan Maroanging, terutama dalam hal peningkatan kreativitas masyarakat khususnya kelompok Dasawisma yang ada di Kelurahan Maroanging. Selain itu, Beliau juga berharap setelah pelatihan ini, ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Dasawisma bisa mengembangkan pengolahan limbah pembungkus rokok ini ke dunia usaha dan bisnis dan mampu menciptakan hiasan-hiasan unik lainnya.

Sedangkan Asrikawati selaku ketua tim menegaskan bahwa para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Asrikawati bersama Tim lainnya menargetkan lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  (PIMNAS) 2017 sebagai ajang puncak perhelatan PKM tersebut. PIMNAS tahun ini rencananya akan dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar.

Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa dan masyarakat dapat bersinergi untuk membuat karya lain yang lebih kreatif untuk meningkatkan sumber daya dan penghasilan masyarakat, khususnya dibidang kewirausahaan.

 

Twitter