Berita

Mahasiswa Konsentrasi SIG Prodi Informatika UNCP Lakukan Kunjungan ke PT Vale di Sorowako

Program Studi Informatika UNCP merealisasikan program kunjungan studi mahasiswa ke PT Vale. Dengan mempercayakan kepada 3 dosen yaitu Feri Padli, S.Si.,M.Pd, Andi Jumardi, S.Pd.,M.Pd dan Aryadi Nurfalaq, S.Si.,M.Si yang tergabung dalam bidang kajian Sistem informasi Geografis (SIG) untuk mendampingi mahasiswa dalam melakukan kunjungan lapang pada Senin (14/5/2018)

Kegiatan kunjungam studi ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi keilmuan dari mahasiswa & menambah jaringan kemitraan prodi informatika dengan perusahaan industri. Lebih dari itu, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan momen ini untuk menggali informasi yang lebih banyak dan bisa memperoleh inspirasi penelitian. Promosi eksistensi universitas kepada dunia industri juga tetap dijalankan sebagai upaya mewujudkan asa beyond national branding.

Feri Padli, S.Si.,M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa konsentrasi SIG prodi Informatika “Sebanyak 26 mahasiswa semester enam dengan konsetrasi SIG mengikuti paktik lapang ini, dimana kegiatan ini telah kami rencanakan di awal semester sesuai yang tersirat dalam RPS/SAP mata kuliah” terangnya.

Lebih lanjut Dosen Konsentrasi SIG tersebut mengatakan bahwa “Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama melakukan observasi regional untuk mengecek dan verifikasi ketepatan elevasi Arcscane & posisi pada GPS test dilapangan. Disiplin ilmu yg diterpkan adalah Geografi Regional, Kartografi Praktik & ArcGIS. Pada hari berikutnya berkenaan dengan mata kuliah geo tanah (disiplin ilmu Digital soil mapping), dengan bekal metode-metode observasi lapangan dan laboratorium yang digabungkan dengan pengetahuan pengolahan data secara spatial ataupun non-spatial, Sistem Informasi Geografis akan mengkaji tentang mining yang akan di fasilitasi oleh PT Vale Indonesi, tbk.”

Sementara itu, Departemen Mining menjelaskan bahwa mereka terbuka untuk setiap kunjungan  studi dari akademisi. Terutama bagi pelajar yang mengkaji tentang ilmu Digital Mapping. Sinergi dengan keilmuan mahasiswa konsetrasi SIG, job deskription pada departemen banyak memberdayakan tekonologi yang berhubungan dengan GIS. Dari observasi,  proses, reklamasi sampai pelaporan serba berbasis GIS. Maka sangat diharapkan bagi mahasiswa untuk memperkuat skillnya pada bidang mapping sebagai dasar untuk bergabung pada dunia industri khususnya pertambangan.

Akbar Nawir yang merupakan Koordinator Lapangan kegiatan tersebut mengungkapkan "Akomodasi & transportasi dalam kegiatan ini di fasilitasi oleh universitas dengan persetujuan Prodi & Fakultas, yang direncanakan sejak pelaksanaan awal kuliah. Selain menambah pengalaman harapan kami setelah mengikuti kegiatan ini adalah kami dapat menambah wawasan dalam menunjang bidang ilmu yang kami tekuni saat ini dan program kunjungan lapang seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin” ungkap mahasiswa semester enam tersebut.

index2_1

Twitter