Berita

Lagi, Tim Dosen UNCP Melaksanakan PKM untuk Petani Kakao di Sabbang Luwu Uatara

Beberapa pekan sebelumnya Tim Dosen dari Pendidikan Biologi Univeristas Cokroaminoto Palopo melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Buangin Kecamatan Sabbang. Kegiatan PKM merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang sumber dananya berasal dari Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi tahun 2018. Tim ini yang diketuai oleh Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc. bersama dua rekan dosen yaitu Saparuddin ,S.Pd., M.Pd. dan Eva Sohriati, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 11 hingga 13 Mei 2018 lalu. Diikuti oleh beberapa kelompok tani kakao yang ada di Desa Buangin.

Bertempat di Aula kantor Desa Buangin, Tim Dosen melaksanakan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani kakao dalam rangka meningkatkan produktivitas kakao dengan biaya yang murah dan hasil yang maksimal. Salah satu kegiatannya adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pestisida nabati dari limbah kakao yang jarang dimanfaatkan oleh petani. Selain itu, para petani mendapatkan informasi tentang cara merawat tanaman kakao sehingga tahan terhadap hama dan menghasilkan buah yang banyak.

peserta-kegiatan-sosialisasi

Akhmad Syakur menyampaikan bahwa pada dasarnya para perani membutuhkan dukungan dari pemerintah agar petani tetap mempertahankan kebun kakaonya. Dukungan yang dimaksudkan adalah bantuan soft skill berupa pelatihan secara berkala dan bantuan operasional pemeliharaan serta perawatan kakao. Merekalah yang menjadikan Kab. Luwu Utara sebagai salah satu daerah senta penghasil kakao.  

Tim dosen UNCP memberikan bantuan kepada mitra kelompok tani kakao berupa semprot tanaman, gerobak dorong, linggis, gergaji,   dan perlengakan lainnya. Harapannya, agar petani kakao dapat lebih semangat dan lebih fokus dalam meningkatkan produktivitas kakao.

Achos yang merupakan salah satu mitra PKM merasa sangat terbantu dengan adanya PKM yang dilaksanakan oleh Tim dosen UNCP di daerahnya. Dia berharap agar kegiatan seperti itu dapat dilaksanakan secara rutin dan diterapkan di daerah-daerah lainnya.