Berita

Lab.Bahasa FKIP dan Pusat Bahasa UNCP Gelar IELTS Sharing Session dan Try Out

Laboratorium Bahasa FKIP dan Pusat Bahasa UNCP baru-baru ini menggelar kegiatan “IELTS Sharing Session dan Try Out” pada tanggal 4 – 5 Mei 2018. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang IELTS yang merupakan salah satu tes bahasa inggris yang kegunaannya paling luas.

Bahasa inggris merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting diketahui oleh akademisi, baik itu dosen dan mahasiswa, yang berasal dari sains teknologi maupun dari sosial humaniora.

Beberapa alasan mengapa penting untuk mengetahui berbahasa inggris adalah dituntutnya para akademisi untuk selalu membaca jurnal bereputasi agar mengetahui perkembangan-perkembangan bidang ilmunya. Jurnal-jurnal bereputasi tersebut kebanyakan berbahasa inggris. Sehingga mau tidak mau, para akademisi harus belajar bahasa inggris. Selain itu, salah satu persyaratan wajib untuk mendaftar beasiswa lanjut studi adalah bahasa inggris. Dalam mengukur kecakapan berbahasa inggris, ada beberapa jenis tes yang biasa diambil oleh para akademisi seperti TOEFL ITP dan IELTS.

Perbedaan mendasar dari kedua jenis tes yang disebutkan adalah skil yang diukur. Pada TOEFL ITP skil yang diukur adalah listening, structure and writing expression, dan reading. Semuanya dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan pada IELTS ada listening, reading, writing, dan speaking. Dan jenis soalnya lebih beragam. Pada listening dan reading, ada jenis soal matching information, table completion, label completion, dll. Sedangkan pada writing ada 2 yaitu describing graph dan writing opinion/essay, dan terakhir, pada speaking ada short question, monolog, dan discussion.

Pemateri kegiatan ini merupakan penerima beasiswa shortcourse peningkatan kemampuan bahasa inggris (PKBI) dari Kemristekdikti. Program yang memberikan pelatihan IELTS selama 3 bulan dan termasuk 2 kali IELTS official test. Untuk skil listening dan speaking dibawakan oleh dosen dari prodi bahasa inggris, yaitu Purnama Cahya, S.Pd.,M.Pd dan Arni Irhani, S.Pd.,M.Pd Sedangkan, untuk skil reading dan writing dibawakan oleh dosen Informatika dan Matematika yaitu Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si dan Asrirawan, S.Si., M.Si.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk lebih mendalami bahasa inggris sebagai upaya untuk dapat  melanjutkan studi di luar negeri.

IMG_5251

IMG_5249

 

 

Twitter