Berita

KULIAH PERDANA FSAINS UNCP T.A. 2020/2021: PENDEKATAN KOMPUTASI DALAM PENELITIAN SAINS

Kuliah perdana semester genap Fakultas Sains UNCP tahun akademik 2020/2021 diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan YouTube Universitas Cokroaminoto Palopo, Sabtu 27 Februari 2021 pukul 13:00-15:00. Kuliah perdana FSAINS ini mengusung tema "Pendekatan Komputasi (IN SILICO) dalam Penelitian Sains."

FSAINS-1
Dekan Fakultas Sains UNCP Pauline Destinugrainy Kasi, Ssi, M. Sc mewakili Rektor UNCP membuka kuliah perdana. Di awal sambutannya, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mengikuti jejak studi narasumber  Arwansyah, M.Si., Ph.D. Narasumber merupakan dosen Program Studi Kimia Fakultas Sains UNCP yang menyelesaikan studi doktoral bidang  Biokimia di Universitas Kanazawa Jepang.

FSAINS-2


Pendekatan in silico merupakan metode riset menggunakan fasilitas teknologi komputasi dan database untuk mengembangkan suatu penelitian. Pendekatan in silico menjadi trend di masa pandemi terutama publikasi terkait obat-obatan. Dengan pendekatan in silico,  Uji coba in vitro (pengujian kandidat obat di luar tubuh makhluk hidup) kepada manusia tidak lagi dilakukan, dan diganti menggunakan pendekatan komputasi dalam merancang sebuah obat.

FSAINS-3

Twitter