Berita

KOORDINATOR TRACER STUDY UNCP MENJADI PEMATERI WORKSHOP DI UNIVERSITAS BOSOWA

Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan suatu perguruan tinggi adalah dengan melakukan pelacakan lulusan atau yang biasa dikenal dengan tracer study. Melalui tracer study, perguruan tinggi mengetahui keadaan lulusan pada saat setelah wisuda, proses mencari kerja, keadaan sekarang, keselarasan antara bidang ilmu dengan pekerjaan dan tingkat pendidikan dengan tempat kerja, serta kompetensi yang dikuasai lulusan.

Dalam pelaksanaannya, masih banyak perguruan tinggi yang melakukan tracer study pada tingkat program studi sesuai kebutuhan akreditasi masing-masing. Padahal, jika melihat standar Kemristekdikti, tracer study harusnya dilakukan pada tingkat perguruan tinggi dengan instrumen yang seragam. Akibatnya, data yang didapatkan sangat beragam dan berbeda antara program studi yang satu dengan yang lain. Sehingga, mengakibatkan datanya tidak comparable. Hal ini yang menjadi salah satu fokus utama Kemristekdikti memberikan bantuan pendanaan tracer study melalui mekanisme seleksi proposal. Selain itu, Kemristekdikti juga membutuhkan data tracer study nasional perguruan tinggi di Indonesia untuk diinput ke portal Kemristekdikti yang dapat diakses di pkts.belmawa.ristekdikti.go.id yang salah satu tujuannya adalah sebagai bahan pertimbangan bagi LLDIKTI untuk mengalokasikan bantuan/beasiswa ke perguruan tinggi.

WhatsApp-Image-2019-07-14-at-20.28.04

UNCP sebagai salah satu perguruan tinggi yang sering mendapatkan bantuan dana tracer study dipercaya oleh beberapa kampus di wilayah Sulawesi Selatan untuk memberikan materi pengalaman melakukan tracer study mulai dari metode pelacakan efektif, analisis data dan pelaporan hasil. Dosen UNCP yang menjabat sebagai Koordinator Tracer Study UNCP, Bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si dipercaya untuk memberikan materi tersebut dalam workshop yang diadakan oleh Universitas Bosowa (Unibos) pada tanggal 12 Juli 2019. Workshop ini bersifat internal sehingga peserta mendapatkan waktu yang cukup dan intensif dalam melakukan analisis data, lalu menginterpretasikan hasil analisis dan pelaporan data ke portal tracer study nasional.

WhatsApp-Image-2019-07-14-at-20.27.51