Berita

KOORDINATOR TRACER STUDY UNCP MENJADI NARASUMBER BIMTEK PELAPORAN & ANALISIS DATA TRCER STUDY DI MKS

Salah satu dosen prodi Informatika sekaligus Koordinator Tracer Study UNCP, yaitu Bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek Pelaporan dan Analisis Data Tracer Study yang diadakan di Akbid Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana pada tanggal 18 Juni 2019. Ada delapan kampus yang menjadi peserta dalam kegiatan ini yaitu Akbid Pelamonia, STIKIP Pembangunan, Akbid Aisyah Pangkep, STIKIP Andi Mattappa, Akbid Yapma, Akbid Minasaupa, Akper Pelamonia, dan Stikes Pelamonia.

Peserta kegiatan ini terdiri dari perguruan tinggi penerima hibah tracer study ataupun yang tidak karena saat ini pelaporan data tracer study menjadi wajib bagi PTS se-Indonesia. Hal ini disebabkan karena data hasil tracer study akan digunakan juga sebagai bahan pertimbangan untuk mengalokasikan bantuan/beasiswa ke PTS. Selain itu, pada kegiatan ini juga diberikan pelatihan analisis pengolahan data untuk mendukung hasil tracer study sehingga dapat dijadikan bahan untuk evaluasi kurikulum dan pembelajaran di perguruan tinggi.

Tracer study dipahami sebagai survei alumni yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dengan tujuan menggali informasi tentang perjalanan lulusannya, mulai dari saat mereka menyelesaikan masa pendidikannya di perguruan tinggi sampai pada waktu pelaksanaan survei. Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk evaluasi terhadap berbagai hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, relevansi dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi, sumber informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan, serta kelengkapan persyaratan bagi akreditasi Dikti.

Untuk itu, diharapkan perguruan tinggi menjalankan program tracer study yang tepat untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja agar kemudian dapat menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja serta membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi.

WhatsApp-Image-2019-06-19-at-15.09.47

Twitter