Berita

IKUTI SAKURA PROGRAM RIKEN-UNCP, MAHASISWA FISIKA UNCP PEROLEH PENGALAMAN INTERNASIONAL

Sakura program merupakan kegiatan yang ditawarkan oleh Japan Science and Technology Agency (JST), Program Studi Fisika berkesempatan mengikuti program tersebut bekerja sama dengan RIKEN yang merupakan salah satu Lembaga riset terbesar di Jepang dalam bidang Sains. Program ini diikuti oleh empat mahasiswa program Studi Fisika UNCP yang berlangsung dari tanggal 1-5 Maret 2021 dan didampingi oleh salah satu dosen yaitu Irwan Ramli, Ph.D.

Riken-3

Adapun rangkaian kegiatan dalam program ini yaitu perkenalan dengan Prof. Isao Watanabe, pos-doc, dan mahasiswa S3 di lab Prof. Watanabe berserta aktivitas riset yang mereka kerjakan saat ini. Hari selanjutnya mahasiswa diajak mengunjungi secara virtual salah satu fasilitas pendukung riset yaitu HOKUSAI Superkomputing System. Salah satu staff peneliti dari Advanced Center for Computing and Communication RIKEN menjelaskan secara rinci bagian-bagian HOKUSAI dan aktivitas riset di HOKUSAI. Hari selanjutnya, mahasiswa mengikuti kuliah yang diberikan oleh Dr. M.R. Ramadhan (Universitas Pertahanan) dan Dr. Fadhila (Universitas Sains Malaysia) yang merupakan kolaborator Prof. Watanabe dan masing-masing memaparkan pendekatan Plane Wave dan Molecular-orbital dalam perhitungan DFT yang dikerjakan di HOKUSAI. Mahasiswa juga diberikan tutorial bagaimana mengakses dan menggunakan superkomputer dari UNCP yang diberikan oleh Irwan Ramli, Ph.D.

Riken-2

“Tentu kami sangat gembira dengan kegiatan seperti ini. Awalnya kami dijadwalkan berangkat ke Jepang sekitar Februari 2021, tetapi karena kondisi Covid-19 kegiatan ini dilaksanakan secara online. Mahasiswa memperoleh pengalaman langsung berkomunikasi dengan group riset Prof. Isao Watanabe yang terdiri dari posdoc dan beberapa mahasiswa S3, tentu ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi mereka. Kami terus berkomunikasi dengan pihak RIKEN dan JST tentang kunjungan langsung ke Jepang sambil memantau kebijakan Indonesia dan Jepang mengenai kebijakan perjalanan internasional,” pungkas Irwan Ramli, Ph.D.

Salah satu mahasiswa mengaku sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. “Melalui kegiatan ini, kami dapat memperoleh gambaran atmosfer penelitian di salah satu Lembaga riset yang mempunyai Fasilitas riset kelas dunia dan pengalaman berkomunikasi langsung dengan Prof. Isao Watanabe. Kami juga mendapatkan ilmu dan gambaran riset Fisika komputasi dari kuliah yang diberikan oleh Dr. Ramadhan (Univeristas Pertahanan) dan Dr. Fadhilah (USM Malaysia).”

Peserta dalam program ini juga akan dijadwalkan berkunjung secara virtual ke fasilitas superkomputer tercepat di dunia yaitu FUGAKU di RIKEN Kobe. “Kami dijadwalkan berkunjung secara virtual ke FUGAKU dan berkomunikasi dengan salah satu peneliti di pusat riset tersebut. Hal ini sangat istimewa bagi kami, bisa berkomunikasi dengan salah satu tim riset terbaik di dunia saat ini dalam high performance computing. Kunjungan ini juga dijadwalkan Ketika kami berangkat ke Jepang nantinya, mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi. Tentu sekali lagi ini tergantung kebijakan Indonesia dan Jepang mengenail perjalanan internasional.” Sambung dosen pendamping dari program studi Fisika UNCP.

Twitter