Berita

HARI KEDUA MORAL, GURU BESAR UNM BERI WEJANGAN POSITIF KEPADA MAHASISWA BARU UNCP

Palopo – Masa Orientasi Akademik dan Kelembagaan Universitas Cokroaminoto Palopo (MORAL UNCP) yang digelar secara daring/online hari ini, Rabu, 09 September 2020 sudah memasuki hari ke-2. Mahasiswa baru masih terlihat semangat mengikuti seluruh rangkaian acara, hal ini bisa dilihat dari antusiasme peserta menyimak dan memberikan pertanyaan kepada setiap narasumber yang memberikan materi.

Sesuai dengan susunan acara yang tertera di buku panduan, untuk hari kedua pelaksanaan MORAL ini ada beberapa materi penting yang diterima oleh mahasiswa baru, diantaranya adalah materi Pembentukan Karakter Mahasiswa melalui Pengenalan Nilai Budaya, Etika dan Moral di Kehidupan Kampus yang dibawakan langsung oleh Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed. Dalam presentasinya yang lebih banyak memberikan pengetahuan dan wejangan positif kepada mahasiswa baru. Beliau membagikan ilmunya kepada mahasiswa baru terkait bagaimana mempersiapkan kerja kedepan dan karakter seperti apa yang dibutuhkan untuk menghadapi pekerjaan dimasa mendatang. Poinnya adalah karakter yang dibutuhkan adalah karakter yang ada hubungannya dengan pekerjaan tersebut.

PROF-HAMZAH-6

Disamping itu, beliau juga memaparkan tentang keahlian alumni perguruan tinggi yang dibutuhkan di abad 21 yakni Hard skill dan Soft skill. Hard skill meliputi (1) IPTEK yang dapat menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia (pangan, sandang, perumahan, kesehatan, pendidikan, energi terbarukan, mineral, transportasi, dan rekreasi serta hiburan) yang berdaya saing; dan (2) IPTEK yang berhubungan dengan Revolusi Industri 4.0. Sedangkan Soft skill meliputi critical thinking, analytical thinking, kreatif dan inovatif, problem solving, teamwork dan entrepreneurship. Diakhir presentasinya melalui pertanyaan salah seorang maba beliau menyampaikan bahwa karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa di dunia kampus yakni mahasiswa harus menyesuaikan keadaan, mengikuti tata tertib yang telah ditentukan oleh kampus, menghormati yang lebih senior sepanjang dia taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki karakter yang baik, dan yang terakhir ketika mengalami masalah akademik, komunikasikan bersama dosen penasehat akademik (Dosen PA).

HARI-KE-2-MORAL-(2)

Selain materi diatas, mahasiswa baru juga mendapat pengetahuan mengenai Layanan Akademik, Layanan Administrasi dan Layanan Kemahasiswaan yang dibawakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ma’rufi, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Sri Damayanti, S.S., M.Hum., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Suhardi, S.Pd., M.Pd. Materi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan memahami proses pembelajaran di perguruan tinggi, mahasiswa mengetahui fungsi sivitas akademika dan sarana-prasarana. Materi khusus yang dapat diberikan adalah sistem informasi akademik, kalender akademik, sistem kredit semester (SKS), masa studi, proses kartu rencana studi (KRS), fungsi dosen penasehat akademik, tugas-tugas akademik, beasiswa dan asuransi yang diperoleh mahasiswa.

HARI-KE-2-MORAL-(3)

HARI-KE-2-MORAL-(4)

HARI-KE-2-MORAL-(5)

 

 

Twitter