Berita

FTKOM UNCP SELENGGARAKAN WORKSHOP & EVALUASI KURIKULUM PRODI INFORMATIKA

PALOPO – Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menyelenggarakan Workhsop dan Review Kurikulum Program Studi Informatika FTKOM UNCP di Aula Gedung E Kampus I UNCP pada Senin, 14/10/2019.

Kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari hasil Focus Group Discussion (FGD) Review dan Evaluasi Kurikulum Program Studi yang telah dilaksanakan pada tanggal 10/04/2019. Kegiatan workshop ini menghadirkan Narasumber dari Universitas AMIKOM Yogyakrta yakni Ibu Dr. Kusrini, M.Kom., beliau merupakan Direktur Program Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Prof. Dr. Eng., Armin Lawi, M.Eng., beliau merupakan Ketua Prodi Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin Makassar.

Laporan ketua panitia workshop Ruhamah, S.Kom., M.Kom., menyampaikan terimakasih kepada Pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi atas dukungannya dan kedua narasumber yang dapat meluangkan waktunya sehingga kegiatan workshop ini dapat terlaksanakan. Adapun peserta dari kegiatan ini merupakan dosen Program Studi Informatika sebanyak 21 orang yang nantinya terus bekerja setelah mendapatkan masukan dari para narasumber kegiatan workshop, lebih lanjut menyampaikan bahwa di Program Studi Informatika saat ini ada 5 konsentrasi yang berjalan diantaranya Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Desain Web, Sistem Informasi Geografi dan Multimedia.    

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Cokroaminoto Palopo bapak Suhardi, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam melaksanakan revisi kurikulum harus bersumber dari statuta universitas, visi, misi (Universitas, Fakultas, dan Program Studi), perkembangan teknologi seiring dengan Revolusi 4.0, dan berorientasi kebutuhan pasar (dunia kerja). Lebih lanjut lagi, beliau menyampaikan susunlah kurikulum agar bermanfaat bagi Prodi, Fakultas, Universitas, alumni dan masyarakat.

Materi yang disampaikan oleh Dr. Kusrini, M.Kom., tentang Rasionalisasi Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI dan SN-DIKTI di Era Industri 4.0. Hal yang sangat penting disampaikan bahwa menyusun kurikulum harus sesuai dengan zaman, kebutuhan pangsa pasar, tidak boleh lagi kita mempertahankan yang lama yang tidak sesuai kebutuhan masyarakat guna untuk kesuksesan lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi itu sendiri. Kita dapat merujuk pada panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0. Landasan hukumnya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI, Permendikbud No. 73 Tahun 2013 Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi, lalu Permenristekdikti No. 44 tentang SN-Dikti Tahun 2015, Permendikbud No. 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi  Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti No. 13 Tahun 2015 tentang Renstra Kemenristekdikti 2015-2019 dalam revisi kurikulum juga perlu berkiblat pada Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Kemudian Prof. Dr. Eng. Armin Lawi,  M.Eng., menyampaikan materi tentang Desain Pembelajaran dan Penyusunan RPS, bahwa rumusan standar kompetensi lulusan (SKL) yang dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) terdiri dari aspek: sikap, keterampilan umum (KU), keterampialn khusus (KK) dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan SN-DIKTI dan Diskriptor KKNI sesuai jenjangnya, Distribusi mata kuliah setiap semester menggambarkan peta penempatan mata kuliah secara logis dan sistematis sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan program studi, distribusi mata kuliah disusun dalam rangkaian semester selama masa studi lulusan program studi.

4 (empat) Fakultas yang berada dalam lingkup Universitas Cokroaminoto Palopo yakni FKIP, FAPERTA, FSAINS, FTKOM sudah memiliki program studi yang telah terakreditasi begitu juga Program Studi Informatika yang sudah terakreditasi B (Sangat Baik) dari BAN-PT pada tahun 2015. Semua program studi yang ada dilingkup UNCP memiliki prospek yang menjanjikan kedepannya.

 

Twitter